Baca Ini sebelum Menanam Timun Suri

- Februari 03, 2017

Baca Ini sebelum Menanam Timun Suri

 

Cara Menanam Timun Suri Yng Baik serta Benar -Timun Suri ataupun Suka pun disebut timun betik adalah satu dari sekian banyaknya tanaman buah dari jenis labu-labuan, buah timun suri tidak sedikit dimanfaatkan menjdai bahan pembuatan minuman. Buah ini tidak sedikit dijumpai lebih-lebih pada bulan ramandhan, lantaran tidak sedikit masyarakat yng mempergunakan serta memanfaatkan buah timun suri menjdai hidangan bagi atau bisa juga dikatakan untuk berbuka puasa. Buah Timun suri sebetulnya tak mirip yang dengannya mentimun yng biasa dijumpai, buah timun suri lebih menyerupai buah blewah serta melon cuma saja bentuknya lonjong semisal timun.
timun suri, budidaya timun suri, manfaat timun suri, menanam timun suri
Timun suri selain segar bagi atau bisa juga dikatakan untuk minuman, sebenarnya buah ini mempunyai tidak sedikit manfaat bagi kebugaran atau kesehatan. Beberapa manfaat dari buag timun suri bagi kebugaran atau kesehatan diantaranya: Memperlancar pencernaan, membantu menurunkan berat badan, mengendalikan kadar gula, mencegah kanker, menurunkan kolesterol serta mencegah terjadinya penyakit jantung.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk membudidayakan Tanaman Timun Suri tak jauh berbeda yang dengannya cara menanam buah blewah serta pun cara menanam buah melon. Prinsip pengelolaan lahan tanam pun hampir percis. Berikut beberapa langkah cara menanam buah Timun Suri yng gampang.
Menyiapkan Bibit Timun Suri
Bibit Timun suri bisa diperoleh di kios-kios pertanian, baca serta periksa kemasan bibit yang dengannya benar. Jangan hingga ada kerusakan kemasan serta kadaluarsa.
Periksa pun syarat tumbuh dari Timun Suri yng ada, sesuaikan yang dengannya kondisi di daerah kamu. Dasarnya memang tanamannya Timun Suri bisa tumbuh yang dengannya gampang di seluruh daerah tropis baik dataran rendah maupun tinggi.
Selain membeli dari kios pertanian, kamu pun mampu menyiapkan benih timun sendiri. Ambil buah timun suri yng benar-benar tua, belah serta ambil bijinya. Jemur biji timun suri pada terik matahari selama 1 hari hingga kering serta lendir-lendir di bijinya hilang. Sebelum ditanam, biji-biji timun suri ini Perlu direndam dalam air Anget selama 1 malam, agar mempermudah proses percambahan biji.
Bibit Timun Suri bisa langsung di tanam ke lahan tanam permanen, namun pun mampu di lakukan penyemaian berlebi dahulu. Akan tetapi agar tak repot sebaiknya biji Timun Suri bisa langsung ditanam ke lahan tanam permanen.
Menyiapkan Lahan
Lahan tanam Perlu digemburkan berlebi dahulu mempergunakan bajak ataupun cangkul, sesudah itu bentuklah bedengan yang dengannya ukuran lebar 80cm serta ketebalan 40 cm. Taburkan pupuk sangkar secara merata serta andai ada jerami sisa panen padi bisa pun ditebarkan di atas tegalan. Andai kamu menginginkan pelatik mulsa, pasanglah pelastik mulsa bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengurangi tumbuhnya rumput-rumput di area tanam blewah. Biarkan lahan taman selama seminggu sebelum ditanami.
Buatlah tegalan yng percis yang dengannya jarak 1 meter dari tegalan sebelumnya, hingga seluruh lahan selesai dibuatkan tegalan. Biarkan lahan tanam yng sudah diolah selama 1 minggu agar tanah lebih stabil serta pupuk sangkar tercemapur sempurna.
Menanam Biji Timun Suri
Semisal halnya menanam kedelai di sawah ataupun menanam jagung, biji blewah ditanam yang dengannya bantuan tugal (kayu yng diruncingkan). Buatlah lubang yang dengannya cara menghujamkan tugal ke tanah yang dengannya jarak 100 cm x 100cm antar lubang tanam. Andai kamu mempergunakan pelastik mulsa, maka sebelum membuat lubang tanam sebaiknya kamu membuat lubang pada mulsa berlebi dahulu yang dengannya mempergunakan besi bulat yng dipanaskan.
Masukkan 2 biji timun suri pada setiap lubang, lantas lakukan penutupan yang dengannya mempergunakan tanah serta padatkan yang dengannya menekan mempergunakan kaki. Penanaman sebaiknya di lakukan pada awal musim penghujan, agar kamu tak butuh repot bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan penyiraman.
Melakukan Perawatan Tanaman Timun Suri
Lakukan penyulaman maksimal 1 minggu sesudah bibit timun suri telah tumbuh, hal ini dimaksudkan agar tanaman sulaman tak tertinggal jauh pertumbuhannya dari yng lain.
Sesudah tanaman timun suri mulai berbuah, buatlah alas bagi atau bisa juga dikatakan untuk buah-buahnya agar tak langsung menempel yang dengannya tanah. Alas buah bisa mempergunakan jemari padi yng selesai dipanen ataupun mempergunakan rumur-rumput yng dicabut serta dikumpulkan.
Masa Panen Timun Suri
Buah timun suri bisa dipanen sesudah 3 bulan - 3,5bulan dari penanaman (sekitar 70 hari). Pemanenan di lakukan yang dengannya memotong tangkai buahnya mempergunakan pisau panen.
Sesudah dipanen, lakukan pencucian yang dengannya mempergunakan air bersih. Hal ini betujuan agar buah timun suri tak kotor.
Itulah beberapa langkah cara menanam tanaman timun suri yng baik serta benar. Selain ditanam di kebun, timun suri pun mampu dibudidayakan di pot ataupun polybag yang dengannya setiap polybag ditanami 1 biji timun suri saja. Selain kaya manfaat bagi kebugaran atau kesehatan serta enak bagi atau bisa juga dikatakan untuk minuman, timun suri pun mampu menghasilkan keuntungan secara finansial. Hal ini dikarenakan permintaan timun suri makin meningkat lebih-lebih pada bulan ramadhan ataupun puasa.

Source Articles & Image : bijibersemi.com/

Seputar Baca Ini sebelum Menanam Timun Suri

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Baca Ini sebelum Menanam Timun Suri