Wajib Baca Sebelum Menanam Pohon Jambu Biji Merah

- Januari 21, 2017

Wajib Baca Sebelum Menanam Pohon Jambu Biji Merah

 

Cara Menanam Jambu Biji Merah yng Benar - Jambu batu (Psidium guajava) ataupun Suka pun disebut jambu biji, jambu siki serta jambu klutuk merupakan tanaman tropis yng berasal dari Brasil, disebarkan ke Indonesia melalui Thailand. Jambu batu mempunyai buah yng berwarna hijau yang dengannya daging buah berwarna putih ataupun merah serta berasa asam-manis. (sumber: wikipedia)
cara menanam jambu biji, cara menanam jambu batu, jambu biji, jambu batu, jambiu klutuk, Psidium guajava
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk budidaya pohon jambu biji bisa di lakukan yang dengannya biji, tunas akar, okulasi maupun yang dengannya cangkok. Andai kamu menginginkan pohon jambu biji yng cepat menghasilkan buah maka dianjurkan yang dengannya system cangkok. Selain menghasilakn tanaman yng cepat berbuah, metode cangkok pun mempunyai keunggulan mewarisi sifat yng dimiliki induk tanaman. Berikut langkah-langkah menanam jambu biji dengancara mencangkok.
Menyiapkan Bibit Buah Jambu Biji
Semisal halnya Cara Menanam Buah Srikaya, dalam menyiapkan bibit pohun buah jambu biji butuh seleksi yng benar. Pilihlah pohon jambu biji yng menghasilkan buah yang dengannya kualitas baik andai ingin dijadikan bibit, lakukan pencangkokan yang dengannya cara yng benar, pilih satu dari sekian banyaknya batang pohon jambu yng tak terlalu tua serta tak terlalu muda, kupas kulit batang secara melingkar sepanjang 12-15 cm, bersihkan kambium ataupun getahnya, serta tutup mempergunakan tanah yng dilapisi penutup semisal pelastik ataupun sabut kelapa.
cangkok, cara mencangkok, cangkokan, okulasi, cara mencangkok pohon jambu biji
Pic/Cangkok (by: warasfarm)

Sesudah cangkokan mengeluarkan akar, maka bisa di lakukan pemotongan pada bagian bawah cangkokan (sekitar 5cm dari batas bawah cangkokan mendekati pangkal cabang). Pindahkan bibit cangkokan ke dalam polybag yng berisi campuran tanah serta pupuk sangkar. Lepas pembungkus cangkokan (pelastik ataupun sabut kelapa) secara perlahan serta tanam bibit beserta tanah cangkokannya. Biarkan bibit pohon jambi biji selama 1 bulan sebelum dipindahkan ke lahan tanam permanen agar bibit mampu mengikuti keadaan yang dengannya baik.
Sebetulnya bibit hasil cangkokan yng sudah mengeluarkan akar bisa langsung ditanam ke lahan tanam permanen, akan tetapi umumnya daya tumbuhnya kecil lantaran akar masih pendek.
Menyiapkan Lubang Tanam
Buatlah lubang tanam yang dengannya ukuran 50cm x 50cm yang dengannya kedalaman 50cm, isi lubang yang dengannya pupuk sangkar ataupun kompos hingga 2/3 bagian terisi. Biarkan lubang tanam selama 2 minggu sebelum ditanami agar kondisi tanah stabil serta pupuk sangkar tercampur ataupun meresap dalam tanam.
Lubang tanam sebaiknya di area yng tak terlindung dari sinar matahari, pohon jambu Amat menyukai lahan yng disinari sekitar 6-8 jam setiap harinya.
Selain ditanam ke tanah secara langsung, tanaman buah jambu biji pun mampu dibudidayakan di dalam pot. Siapkan pot yng besar ataupun potongan drum serta isi yang dengannya campuran tanah serta pupuk sangkar yang dengannya perbandingan 1:1, biarkan pot selama 2 minggu sebelum ditanami.
Menanam Bibit Jambu
Sesudah bibit hasil cangkokan menunjukan tanda-tanda tumbuh yng baik, langkah selanjutnya merupakan mengalihkan bibit dari polybag ke lahan tanam permanen. Buka pelastik polybag secara perlahan yang dengannya cara merobek mempergunakan cutter, usahakan tanah yng ada di bibit tak hancur. Masukkan bibit ke lubang tanam ataupun ke dalam pot yng sudah disediakan serta tutup kembali yang dengannya tanah, lantas lakukan pemadatan secara perlahan. Lakukan penyiraman sesudah bibit pohon jambu biji sudah selesai ditanam.
Melakukan Perawatan
Perawatan pada pohon jambu biji tidaklah begitu sulit, tanaman ini Amat gampang tumbuh serta tahan terhadap serangan hama, hama yng Suka menyerang merupakan ulat bulu, lakukan pembasmian yang dengannya insektisida. Perawatan yng di lakukan cuma yang dengannya memberikan pupuk tambahan secara terjadwal setiap 2 bulan yang dengannya pupuk sangkar. Sesudah itu pemangkasan pun mampu di lakukan agar pohon jambu mampu dibentuk sesuai keiinginan.
Pohon jambu biji adalah pohon buah yng tak kenal musim, pohon ini mampu berbuah sepanjang tahun. Buah yng siap panen bisa dilihat dari cirinya semisal bau harum mulai tercium, perubahan warna kulit dari hijau menjadi merah muda, serta tekstur buahnya menjadi lunak.
Itulah beberapa langkah cara menanam pohon jambu biji ataupun jambu batu agar cepat berbuah baik ditanam di pot maupun di tanah secara langsung. Buah jambu biji ataupun jambu batu dipercaya tidak sedikit memiliki kandungan vitamin C, dan mempunyai tidak sedikit manfaat bagi kebugaran atau kesehatan, diantaranya: mengurangi hipertensi, mengatasi diabetes, mencegah kanker, menambah jumlah darah Amat baik bagi orang yng di kenai demam berdarah.

Source Articles & Image : bijibersemi.com/

Seputar Wajib Baca Sebelum Menanam Pohon Jambu Biji Merah

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Wajib Baca Sebelum Menanam Pohon Jambu Biji Merah