Pohon Kakao Berbuah Lebat, ini Cara Menanamnya

- Januari 24, 2017

Pohon Kakao Berbuah Lebat, ini Cara Menanamnya

 

Cara Menanam Kopi Cokelat (Kakao) Agar Berbuah Lebat - Kopi cokelat (Theobroma cacao L.) ataupun Suka disebut yang dengannya kakao adalah bahan utama pembuatan cokelat. Tanaman ini pada awal mulanya berasal dari Amerika, akan tetapi era ini telah tidak sedikit dibudidayakan di asia lebih-lebih di Indonesia. Tak semisal kopi pada biasanya, buah kopi cokelat (kakao) dibungkus yang dengannya kulit yng agak tebal serta relatif keras. Biji dilindungi oleh salut biji (aril) lunak berwarna putih ataupun Suka disebut yang dengannya pulp. Tanaman ini mempunyai batang yng mampu mencapai ketinggian 10 -15 meter, akan tetapi budidaya kakao yng di lakukan oleh para petani di lakukan yang dengannya memotong pohon kakao agar tak terlalu tinggi serta lebih melebar ke samping. Hal Ini bertujuan agar makin tidak sedikit ruang bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghasilkan buah.
Kakao, Kopi cokelat, cara menanam kakao
Budidaya kakao ataupun kopi coklat bisa di lakukan yang dengannya mempergunakan biji serta pun yang dengannya stek batang ataupun okulasi. Andai kamu menginginkan pohon kakao yng cepat menghasilkan buah, maka cara stek batang ataupun okulasi adalah cara yng tepat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanam pohon kakao. Berikut Beberapa langkah cara menanam kakao (kopi cokelat) yng benar agar bisa mengasilkan pohon kakao yng cepat berbuah.
Menyiapkan Bibit Kakao (kopi cokelat)
Menyiapkan bibit kakao (Kopi cokelat) adalah langkah awal yng Perlu benar-benar diperhatikan agar menghasilkan pohon kakao yng mempunyai kualitas baik serta menghasilkan panen yng tidak sedikit. Pemilihan indukan bibit menjadi faktor utama dalam memilih bibit kakao, pilihlah pohon kakao yng telah berbuah berulangkali, pilihlah pohon yng mempunyai kualitas buah baik serta kualitas batangnya sehat.
Lakukan penyemaian biji kakao (kopi cokelat) pada polybag yang dengannya 1 polybag bagi atau bisa juga dikatakan untuk satu biji saja menjdai batang bawah. Sesudah biji tumbuh serta mencapai diameter batang sekitar 5cm, lakukan okulasi yang dengannya cara mengambil tunas pada pohon kakao yng telah berbuah serta tempelkan pada batang bawah dari hasil semaian.
bibit kakao, okulasi Andai kamu tak ingin repot, maka belilah bibi kakao dari para petani di dekat daerah kamu. Perhatikan secara benar-benar kualitas bibit kakao yng akan kamu beli. Bibit hasil sambung pucuk ataupun hasil okulasi memperlihatkan adanya bekas sayatan pada batang pohonnya.
Menyiapkan Lahan Tanam Kakao (kopi cokelat)
Pengolahan lahan tanam bagi atau bisa juga dikatakan untuk tanaman kakao (kopi cokelat) tidaklah butuh repot-repot, pengolahan yng butuh di lakukan merupakan pembersihan lahan tanam dari semak belukar. Lantas buatlah lubang tanam yang dengannya ukuran lubang 50cm x 50cm serta kedalaman 50cm. Buatlah lubang yang dengannya ukuran yng percis pada jarak 5 meter dari lubang sebelumnya (jarak tanam 5x5). Isilah lubang tanam yng digali yang dengannya pupuk sangkar hingga 1/2 bagian terisi, lantas biarkan lubang yang telah di sebutkan selama 2 minggu sebelum ditanami agar pupuk sangkar benar-benar meresap.
Menanam Bibit Kakao (kopi cokelat)
Bibit kakao hasil okulasi atai pun sambung pucuk yng sudah tumbuh serta mempunyai ketinggian sekitar 50cm, maka bisa di lakukan pemindahan ke lahan tanam permanen yng sudah ditentukan, Penanaman bisa di lakukan sepertihalnya cara menanam buah kesemek ataupun cara menanam kelengkeng, yakni yang dengannya melepas polybag semaian secara perlahan agar tanah semaian tak hancur.
Masukkan bibit ke dalam lubang tanam tepat di tengah lubang, lantas lakukan penutupan lubang yang dengannya tanah sisa galian yng ada disekitar lubang. Lakukan cara yng percis hingga seluruh lubang tertanami.
Penanam pohon kopi cekelat (kakao) sebaiknya di lakukan pada awal musim penghujan, hal ini agar tak terlalu repot bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan penyiraman.
Merawat Tanaman Kakao (kopi cokelat)
Perawatan pada pohon kakao terbilang cukup menyita waktu kamu serta pun butuh ketelatenan dalam melakukan perawatan. lakukan penyiangan terhadap rumput liar yng tumbuh, serta lakukan penyulaman pada bibit kakao yng mati.
Sesudah tanaman kakao telah mulai besar sekitar umur 6 bulan dari penanaman, lakukan pemangkasan agar pohon kakao tak meninggi, usahakan pohon kakau melebar agar makin tidak sedikit buahnya.
Pemotongan tunas-tunas baru pun butuh di lakukan agar nutrisi yng ada difokuskan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghasilkan bunga serta buah, selain itu pemangkasan pun berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyediakan sanitasi pada tanaman kakao.
Pemupukan Perlu tetap di lakukan, pemupukan bisa di lakukan yang dengannya mempergunakan pupuk kimia pada umur pada umur 10 bulan yang dengannya mempergunakan pupuk NPK, akan tetapi jangan terlalu dekat yang dengannya pohon era menaburkan pupuk.
Memanen Kakao (kopi cokelat)
Rata-rata pohon kakao akan mengeluarkan bunga pada umur 3 tahun, serta akan menghasilkan pohon kakao yng berbuah puncak ataupun banyak-banyaknya merupakan sekitar umur 4-5 tahun. Buah kakao (kopi cokelat) yng telah siap panen ditunjukkan yang dengannya perubahan warna kulit buahnya menjadi kuning.
Pemanenan bisa di lakukan yang dengannya memotong tangkai buahnya yang dengannya mempergunakan pisau ataupun gunting panen.
Itulah beberapa langkah Cara menanam Kakao (kopi cokelat) yng baik serta benar agar menghasilkan buah yng lebat, pemilihan bibit kakao yng unggul serta perawatan pohon menjadi kunci utama agar pohon kakao menghasilkan panen yng tidak sedikit. Selaimn bagi atau bisa juga dikatakan untuk keperluan penjualan kopi cokelat, buah kakao pun mampu dimakan lapisan lunak penutup bijinya, lapisan penutup biji buah rasanya manis.

Source Articles & Image : bijibersemi.com/

Seputar Pohon Kakao Berbuah Lebat, ini Cara Menanamnya

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pohon Kakao Berbuah Lebat, ini Cara Menanamnya