Ini Yang Perlu Dilakukan Jika Menanam Kopi Arabika

- Januari 29, 2017

Ini Yang Perlu Dilakukan Jika Menanam Kopi Arabika

 

Cara Menanam Kopi Arabika Yng Benar - Pohon Kopi merupakan penghasil biji kopi yng dimanfaatkan menjdai bahan baku pembuatan bubuk kopi. Tanaman komoditi yng satu ini pun mempunyai harga yng terbilang cukup tidak murah, harga kopi perkilo berkisar antara 40rb - 70rb. Selain itu permintaan ekspor kopi pun masih terbilang tinggi. Pola konsumsi kopi warga Indonesia pun mampu mendukung dalam budidaya pohon kopi, semisal kita ketahui bersama makin banyaknya warung kopi yng dibuka, serta pun makin tidak sedikit jenis kopi olahan instan yng beredar di pasaran.
Cara menanam kopi arabika, budidaya kopi arabika yang baik dan benar, Tanaman Perkebunan, cara pembibitan kopi arabika, syarat tumbuh kopi arabika, cara menanam kopi agar cepat berbuah berbuah dan lebat,
Cara Budidaya Kopi Arabika - Menanam kopi mampu menjadi satu dari sekian banyaknya solusi mempergunakan serta memanfaatkan ketersediaan lahan kebun, penanaman pohon kopi pun terbilang cukup gampang. Tanaman ini gampang menyesuaikan diri yang dengannya kondisi lingkungan. Berikut beberapa langkah cara menanam pohon kopi yng baik serta benar agar menghasilkan pohon kopi yng berbuah tidak sedikit:
Menyiapkan Bibit Kopi
Budidaya kopi arabika umumnya mempergunakan system pembibitan generatif (biji), bibit dibuat yang dengannya cara melakukan penyemaian biji kopi pilihan. Biji kopi sebaiknya diambil dari pohon kopi yng mempunyai buah yng lebat, serta telah beberapa kali berbuah.
Sebelum disemai, biji kopi Perlu dibersihkan dari daging buahnya lantas dijemur bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghilangkan lendir-lendir dari daging buah kopi. Sesudah itu menyiapkan media semai, bisa mempergunakan polybag maupun nampan semai khusus. Isi wadah semai yang dengannya mempergunakan campuran tanah serta pupuk sangkar yang dengannya perbandingan 1:1.
Lakukan penyemaian biji kopi arabika, penyiraman Perlu rutin di lakukan pada pagi serta sore hari bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi kelembaban media semai. Bibit Kopi bisa dipindahkan ke lahan tanam permanen sesudah mempunyai tinggi pohon sekitar 40cm - 60cm.
Menyiapkan Lahan Tanam Kopi
Lahan penanaman memegang peranan penting dalam kesuksesan budidaya kopi arabika, daerah yng baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan budidaya kopi adalahdi daerah pegunungan ataupun dataran tinggi. Tanaman ini pun bisa tumbuh subur di daerah yang dengannya warna tanah pucuknya reklatif merah/kuning.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempersiapkan lahan penanaman kopi arabika bisa di lakukan yang dengannya membersihkan semak belukar andai lahan masih tidak sedikit tumbuhan liar. Buat lubang tanam yang dengannya melakukan penggalian yang dengannya jarak 2,5 meter antar lubang tanam (jarak tanam 2,5m x 2,5m).
Buatlah ukuran lubang 50cm x 50cm yang dengannya kedalaman 50cm. Masukkan pupuk sangkar ke dalam lubang hingga 2/3 bagian lubang terisi pupuk sangkar. Biarkan lubang tanam yang telah di sebutkan selama 2 bulan sebelum ditanami agar pupuk sangkar meresap yang dengannya sempurna.
Menanam Pohon Kopi
Bibit kopi yng sudah siap tanam bisa dipindahkan ke lahan tanam permanen yng sudah disiapkan, penanaman sebaiknya di lakukan pada pagi hari. Bukalah plastik polybag semaian secara perlahan agar tanah semaian tak rontok.
Tanamlah bibit kopi arabika pada lubang tanam yng sudah disiapkan, lantas tutup yang dengannya mempergunakan tanah sisa penggalian yng ada disekitar lubang. Lakukan pemadatan agar bibit kopi yng ditanam tak gampang goyang. Lakukan hal yng percis hingga seluruh lubang yng disiapkan tertanami.
Merawat Pohon Kopi
Perawatan pada budidaya kopi arabika di lakukan yang dengannya melakukan penyulaman pada bibit pohon kopi yng mati sesudah penanaman, penyulaman sebaiknya di lakukan segera agar pertumbuhan kopi tak tertinggal dari tanaman yng lain-lainnya.
Pemupukan pun butuh di lakukan agar tanaman tetap subur, pupuk yng dianjurkan merupakan pupuk organik ataupun pupuk sangkar. Lakukan pemupukan pertama pada umur tanaman 6 bulan sesudah dipindahkan ke lahan tanam permanen. Sesudah itu lakukan pemupukan pada pohon kopi setiap setahun sekali.
Pemangkasan pun diharapkan agar pohon kopi berbuah yang dengannya sempurna serta menajaga pohon agar tetap produktif. Pemangkasan bisa di lakukan yang dengannya mengurangi cabang-cabang yng tak produktif serta pun mengurangi tinggi pohon.
Pembasmian hama pada pohon kopi pun butuh di lakukan agar tak merusak pohon serta kualitas buahnya, lakukan penyemprotan yang dengannya kimia ataupun yang dengannya bahan semprot organik yng tidak sedikit dijual di kios-kios pertanian.
Masa Panen Kopi Arabika
Kopi arabika yng dirawat yang dengannya baik akan bisa menghasilkan buah pertama pada umur sekitar 3-4 tahun dari penanaman, serta akan mengahasilkan produksi buah yng maksimal pada umur 6-7 tahun.
Pemanenan buah kopi di lakukan yang dengannya memetik buah kopi yng telah tua, yng ditandai yang dengannya warna buah yng memerah.
Itulah beberapa langkah cara menanam kopi arabika yng baik serta benar agar menghasilkan pohon kopi yng berbuah lebat, menanam kopi adalah ide yng tidak jelek alias bagus bagi atau bisa juga dikatakan untuk investasi mengingat konsumsi kopi era ini makin meningkat.

Source Articles & Image : bijibersemi.com/

Seputar Ini Yang Perlu Dilakukan Jika Menanam Kopi Arabika

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Ini Yang Perlu Dilakukan Jika Menanam Kopi Arabika