Beternak Burung Kenari, Ini Cara Lengkap Yang Harus Anda Tahu

- Januari 07, 2017

Beternak Burung Kenari, Ini Cara Lengkap Yang Harus Anda Tahu

 

Cara Beternak Burung Kenari - Memelihara burung kenari mungkin mampu dikatankan bukan hal yng sulit, dasarnya memang burung ini Amat gampang mengikuti keadaan serta gampang bagi atau bisa juga dikatakan untuk hidup. Akan tetapi, bagaimana cara awal agar kita mampu memuai beternak burung kenari? Pada Tulisan atau artikel di artikel ini Bijibersemi.Com akan membahas bagaimana budidaya burung kenari mulai dari memilih Bibit Burung Kenari menjdai Indukan.

Cara Mencari Bibit Burung Kenari Yng Tidak jelek alias bagus - Andai Kamu telah memutuskan bagi atau bisa juga dikatakan untuk berupaya beternak burung kenari, tentu yng butuh dipahami merupakan bagaimana cara memperoleh bibit burung kenari indukan yng super. Kesuksesan memilih bibit akan Amat berpengaruh terhadap keturunan burung kenari. Cara memilih burung kenari yng tidak jelek alias bagus mampu saja Kamu cari di ombyokan ataupun di ternak kenari secara langsung. Berikut hal-hal yng butuh Kamu perhatikan era memilih bibit burung kenari baik jantan maupun betina:
Memilih Burung Kenari Jantan Menjdai Indukan Yng Tidak jelek alias bagus
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memilih bibit burung kenari jantan yng tidak jelek alias bagus menjdai indukan, butuh memperhatikan beberapa hal berikut:
  1. Pada usia 4 hari anak burung kenari telah bisa dibedakan antara jantan serta betina, perbedaan terdapat pada pembuluh vena yng terlihat dibagian perut hingga ke anus.
  2. Bibit Kenari jantan yng baik mempunyai kepala yng relatif ramping ataupun kecil serta pilihlah yng mempunyai paruh agak besar serta kuat.
  3. Pilihlah burung kenari yng memiliki leher yng relatif panjang serta badannya ideal.
  4. Perhatikan bulu-bulunya, pilih burung kenari yng mempunyai bulu bersih serta rapi. Hindari memilih burung yng sayu serta mengeluarkan air dari matanya (matanya belekan).
  5. Perhatikan pergerakannya, burung jantan yng tidak jelek alias bagus akan mempunyai gerakan yng lincah. Selain itu pada bagian anusnya tak terdapat sisa kotoran yng menempel.

Memilih Burung Kenari Betina Yng Super Menjdai Indukan
Percis halnya yang dengannya memilih bibit kenari jantan, bagi atau bisa juga dikatakan untuk menentukan kualitas keturunan burung kenari tentu Amat dipengaruhi pun oleh kualitas bibit betinanya. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh bibit burung kenari betina yng kualitas tidak jelek alias bagus bisa di lakukan yang dengannya melihat beberapa ciri-ciri berikut:
  1. Burung kenari betina mempunyai kepala yng relatif lebih bulat dibanding kenari jantan
  2. Pilihlah burng kenari betina yng mempunyai badan yng ideal serta bagian temboloknya bersih.
  3. Terlihat sehat yang dengannya matanya yng bersih serta tak sayu
  4. Bulu-bulunya terlihat rapi serta tak ada sisa kotoran pada bagian duburnya.
  5. Tentunya pelu pun melihat kelincahan gerakan agar yakib bahwasanya bibit burung kenari yng Kamu beli benar-benar sehat.

Proses Persilangan Indukan Burung Kenari
Sesudah memperoleh Indukan Burung kenari yng dimau-kan, proses selanjutnya merupakan mengawinkan kedua bibit burung kenari. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengawinkan bibit kenari jantan serta kenari betina maka butuh memperhatikan beberapa hal berikut:
  1. Proses perkawinan sebaiknya di lakukan pada usia burung kenari telah matang, hal ini ditunjukkan yang dengannya adanya tanda-tanda birah' dari kedua indukan.
  2. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi rasa ketertarikan antar keduanya, sebaiknya pisahkan antara sangkar betina serta sangkar jantan.
  3. Sesudah kedua indukan memperlihatkan tanda ingin kawin, yng ditunjukkan yang dengannya menyusuan sangkar pada betina serta menabrak sangkar pada kenari jantan.
  4. Bersihkan sangkar kenari betina, sesudah itu pindahkan kenari jantan ke sangkar kenari betina.
  5. Lakukan proses perkawinan hingga 2 kali agar Kamu yakin telah terlaksana persilangan, lalu pisahkan kembali kedua indukan.
  6. Lakukan hal yng percis pada hari selanjutnya hingga 3-4 hari. Sesudah itu biarkan kedua indukan pada sangkar masing-masing.
Itulah cara simpel bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempertemukan dua indukan burung kenari, akan tetapi bisanya proses perkawinan tak berjalan mulus lebih-lebih pada bibit kenari jantan serta betina yng belum pernah dikawinkan. Andai terlaksana hal sepeti itu, sediakan satu burung jantan yng tidak jelek alias bagus kicauannya yng diletakkan pada sangkar yng berbeda dekat yang dengannya sangkar indukan yng akan dikawainkan. Hal ini bertujuan agar indukan jantan yng muda terasa ada saingan.
Menyiapkan Bibit Kenari Betina Betelur
Nah,,bagi pecinta Burung kenari tentunya akan Amat menantikan indukan yng dimiliki bisa bertelur serta menambah jumlah peliharaan. Tentunya proses perkawinan yng di lakukan belum tentu mengahsilkan secara 100%, ada tidak sedikit faktor yng memberi pengaruh. Akan tetapi andai proses persilangan telah di lakukan berkali-kali diharapkan telah bisa membuat yakin bahwasanya bibit burung kenari betina bisa bertelur.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempersiapkan agar burung kenari betina yng telah dikawinkan bertelur, maka butuh pun dipersiapkan segala hal semisal sangkar yng luas serta sangkar buatan bagi atau bisa juga dikatakan untuk tempat bertelurnya. Akan tetapi yng tak kalah penting merupakan pemberian makan yng bervitamin agar burung kenari betina bisa mengeluarkan telur yng tidak sedikit.
Pada biasanya burung kenari betina akan bertelur sebanyk 4 buah, akan tetapi ada beberapa burung kenari yng cuma bertelur 2 buah saja Tentunya ini akan Amat menglhawatirkan lantaran belum tentu seluruh bibit bisa menetas seluruh. Oleh lantaran itu berikan pakan yng penuh nutrisi agar burung kenari betina bisa bertelur tidak sedikit.
Lakukan perawatan yng rutin agar telur yng dihasilakn bisa menetas, lakukan pendinginan sangkar yang dengannya cara menyemprotkan air mempergunakan spray andai kondisi cuaca terlalu panas, berikan makanan yng sehat agar induk betina bisa mengengkrami telur yang dengannya baik, serta pun perawatan induk yang dengannya cara memandikan. Andai induk tak mau mengengkrami, maka rubah yang dengannya induk yng lain yng telah pernah bertelur.
Cara Merawat Burung Kenari yng Benar - Itulah beberapa tips cara memilih burung kenari indukan yng tidak jelek alias bagus serta mempunyai kualitas agar menghasilan telur yaang tidak sedikit. Kesuksesan ternak burung kenari akan Amat dipengaruhi oleh ketelatenan serta pengetahuan Kamu. Jangan segan bagi atau bisa juga dikatakan untuk diskusi yang dengannya peternak kenari lain-lainnya agar Kamu lebih memahami karekter dari burung kenari. Perhatikan ciri-ciri bibit burung kenari jantan serta betina secara seksama agar memperoleh indukan yng mempunyai kualitas.

Source Articles & Image : bijibersemi.com/

Seputar Beternak Burung Kenari, Ini Cara Lengkap Yang Harus Anda Tahu

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Beternak Burung Kenari, Ini Cara Lengkap Yang Harus Anda Tahu