Cara Cerdas Manfaatkan Lahan Sawah untuk Menanam Kedelai

- Desember 26, 2016

Cara Cerdas Manfaatkan Lahan Sawah untuk Menanam Kedelai

 

Cara menanam Kedelai di Lahan Sawah - Tanaman kedelai dijadikan solusi bagi para petani bagi atau bisa juga dikatakan untuk mensiasati datangnya musim kemarau. Lahan sawah yng sudah ditanami padi sebanyk 2 kali panen, umumnya akan diganti yang dengannya tanaman kedelai bagi atau bisa juga dikatakan untuk penanaman ke-tiganya. Hal ini umumnya dikarenakan sawah-sawah akan sulit memperoleh suplai air yng penyebabnya yaitu lantaran musim kemarau.
menanam kedelai di sawah
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanam kedelai di lahan sawah bekas padi bisa di lakukan yang dengannya langkah-langkah berikut:
Membersihkan Sisa Jerami
Lahan sawah pasca penanaman padi Perlu dibersihkan berlebi dahulu sebelum ditanami kedelai, potong jerami padi yang dengannya menyisakan tidak banyak (sekitar 10cm) dari pangkalnya. Selain itu bersihkan seluruh rumput-rumput yng meungkin tumbuh di lahan sawah.
menanam kedelai
jerami yng dipotong

Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanam kedelai di lahan bekas padi tak butuh dibajak berlebi dahulu, lahan cukup dibersihkan saja dari jerami-jerami sisa panen padi.
Menyiapkan benih kedelai
Bibit kedelai Perlu dipilih bibit yang dengannya kondisi biji yng masih tidak jelek alias bagus, ciri-ciri biji kedelai yng baik merupakan warnanya cerah mengkilap, serta bulatnya mendekati sempurna, dan kondisinya tak dimakan kutu biji ataupun semut. Sebelum biji ditanam sebaiknya direndam berlebi dahulu di air Anget (jangan terlalu panas), hal ini bertujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat biji kedelai lebih cepat mengeluarkan cambah. Selain bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempercepat pencambahan biji, cara ini pun bagi atau bisa juga dikatakan untuk melihat biji kedelai yng masih layak tanam. Biji yng mengapung era direndam Perlu dibuang, lantaran biji-biji yng mengapung tak layak bagi atau bisa juga dikatakan untuk ditanam. Era merendam biji kedelai, pun mampu dicampur yang dengannya pupuk organik cair ke dalam air rendaman.
Menanam Kedelai
Cara menanam kedelai percis yang dengannya cara menanam kacang panjang serta cara menanam jagung yakni mempergunakan kayu yng diruncingkan (tugal), buat lubang yang dengannya menghujamkan tugal ke lahan sawah yang dengannya jarak 20cm x 20 cm antar lubang, serta kedalaman sekitar 5-10cm.
Masukkan 2 biji kedelai di setiap lubang tanam yng dibuat, serta lakukan penutupan yang dengannya tanah yng ada di sekitar lubang ataupun yang dengannya sisa mulsa jerami yng ada. Biji kedelai akan mengeluarkan tunas sesudah 5-6 hari, lakukan penyulaman bagi atau bisa juga dikatakan untuk lubang-lubang yng biji kedelainya tak mampu tumbuh.
Perawatan Kedelai
Walaupun tanaman kedelai tahan terhadap minimnya air, akan tetapi bukan berguna kedelai tak memerlukan air. Tetap lakukan penyiraman era kedelai mulai tumbuh, era kedelai mulai berkembang serta mengeluarkan buah. Penyiraman bisa di lakukan secara manual, pun bisa di lakukan yang dengannya mengalirkan air melalui drainase. Jangan merendam lahan tanam kedelai terlalu lama, hal ini bisa membuat batang kedelai membusuk. Cukup alirkan air ke lahan tanam kedelai selama maksimal 30 menit saja, sesudah itu keringkan kembali.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk perawatan terhadap hama tanaman kedelai bisa di lakukan yang dengannya penyemprotan pestisida ataupun insectisida organik yng tidak sedikit dijual di kios-kios pertanian, lakukan penyemprotan yang dengannya dosis yng dianjurkan di kemasan pestisida ataupun insektisida.
Lakukan pun penyiangan gulma-gulma yng tumbuh di lahan tanam kedelai, serta bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh kedelai yng subur serta berbuah tidak sedikit maka butuh di lakukan pemupukan. Pemupukan pun bisa di lakukan yang dengannya pupuk organik baik cair maupun granule/serbuk.
Pemanenan Kedelai
Kedelai umumnya akan bisa dipanen pada umur 70 - 90 hari sesudah tanam, ciri-ciri kedelai yng siap panen merupakan kulit buah kedelai telah berwarna kecoklatan serta mengering, selain itu batang kedelai pun telah mulai mengering serta daunnya mulai rontok.
Cara memanen kedelai bisa di lakukan yang dengannya memotong tangkai buah kedelai mempergunakan sabit. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memisahkan biji dari kulitnya bisa di lakukan yang dengannya menjemur kedelai berlebi dahulu hingga kering, sesudah itu kedelai diinjak ataupun dipukul mempergunakan kayu (akan tetapi kedelai Perlu dikarung era dipukul agar tak pecah bijinya).
Itulah beberapa langkah gampang cara menanam kedelai yang dengannya mempergunakan serta memanfaatkan lahan sawah bekas menanam padi.


Source Articles & Image : bijibersemi.com/

Seputar Cara Cerdas Manfaatkan Lahan Sawah untuk Menanam Kedelai

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Cerdas Manfaatkan Lahan Sawah untuk Menanam Kedelai