Apa itu Aquascape? (Taman Dalam Air)

- Desember 27, 2016

Apa itu Aquascape? (Taman Dalam Air)

 
. .



Apa itu Aquascape? Aquascape adalah seni menata taman dalam aquarium. Dalam aquascape, tanaman menjadi fokus utama. Kebanykan newbie yng baru berkenalan yang dengannya hobi ini, tidak lebih memahami pengertian aquascape menjadikan orang-orang malah memilih ikan sebgai fokus utama. Padahal dalam membuat aquascape unsur ikan hanyalah menjdai pelengkap. Ataupun Aquascape merupakan kegiatan yng lebih bersifat seni dalam mengatur serta menanam tanaman air, batu serta kayu dalam cara yng menyenangkan secara estetis di dalam aquarium menjadikan memberikan efek berkebun di bawah air. Perlengkapan serta bahan yng butuh disiapkan :
  • Pupuk Dasar
    Pupuk dasar mampu didapatkan di toko2 aquascape serta toko aquarium tertentu semisal merk dannerle yng tidak murah yang dengannya kualitas prima. Merk lain yng umum dipakai merupakan JBL, Sera, Azoo dll.
  • Substrate
    Bagi atau bisa juga dikatakan untuk yng mempunyai budget lebih mampu mempergunakan substrate khusus aquascape yng mempunyai kualitas semisal ADA soil, pasir RMC, lapiz sand yng mampu didapati di toko2 aquascape. Pengganti lain yng tidak sedikit dipakai merupakan pasir silika malah beberapa aquascaper yng saya jumpai memperoleh hasil yng lebih memuaskan yang dengannya pasir malang. Tatacara dalam memilih substrate pengganti merupakan ukuran diusahakan seragam antara 2-3 mm serta tak memberi pengaruh parameter air semisal pasir bali.
  • Lampu
    Tersedia lampu2 khusus aquascape dari merk Azoo, JBL, AquaGlo dll. Pengganti lain yng tidak sedikit dipakai para aquascaper merupakan lampu OSRAM PL/TL 860. Angka 8 menunjukan rating CRI 80 (CRI 100 = cahaya matahari), lampu dgn rating CRI diatas 80 layak dipakai. Sedangkan 60 menunjukan rating kelvin 6000, biasanya rating 6000-12000 masih cocok dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk aquascaping. Tidak sedikit aquascaper yng menggabungkan lampu2 dgn rating kelvin berbeda bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh efek pencahayann yng dimau-kan. Kebutuhan lampu disesuaikan yang dengannya volume aquarium serta jenis setup yng akan kita buat, rentang 1/4 – 1/2 watt per liter dikategorikan sbg low light, 1/2 – 1 watt per liter dikategorikan sbg medium light serta di atas 1 watt per liter sbg hight light. Semisal aquarium dgn volume 80 liter mempergunakan 2 lampu TL 18 watt (total = 36 watt) maka masuk dalam rentang setup low light. Pilihan rentang pencahayaan ini nantinya akan disesuaikan yang dengannya kebutuhan CO2 serta tanaman yng akan kita pilih nantinya. Durasi pencahayaan sekitar 8 – 10 jam.
  • CO2
    Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh hasil yng optimal kehadiran CO2 dibutuhkan di lingkungan aquascape. CO2 set yng terdiri dari tabung, regulator, bubble counter, reaktor/diffuser bisa ditemui di toko aquascape. CO2 set tabung bukanlah barang yng murah pendekatan “Do It Yourself” (DIY) mampu di lakukan yang dengannya mereaksikan gula, air Anget serta ragi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghasilkan gas CO2. Setup yang dengannya tipe high light wajib mempergunakan CO2 set tabung agar menghasilkan output CO2 minimal 3 bubble per second. Sedangkan setup low/medium light mampu mempergunakan output CO2 DIY. Tidak sedikit aquascaper tak mempergunakan tambahan CO2 serta memperoleh hasil yng cukup memuaskan yang dengannya berbekal pengetahuan wacana karakteristik tanaman. Ataupun setup tanpa tambahan CO2 mampu di lakukan yang dengannya metode natural.
  • Chiller/Fan
    Suhu yng optimal bagi atau bisa juga dikatakan untuk lingkungan aquascape berada di kisaran 22-24 o C. Yang dengannya kehadiran ikan serta penghuni aquascape lain-lainnya maka idealnya suhu berada di kisaran 24-28 o C. Aquascaper yng berada di daerah panas semisal Jakarta akan sulit mencapai suhu ideal yang telah di sebutkan, akan tetapi beberapa jenis tanaman masih akan tumbuh di kisaran 30 o C. Faktor lain yng memberi pengaruh suhu aquascape merupakan lampu, dimana intensitas lampu pada aquascape lebih tinggi dari pada aquarium biasa malah pada setup low light sekalipun. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencapai suhu ideal yang telah di sebutkan maka mampu dipakai chiller, ataupun pada setup yang dengannya volume aquarium yng tak terlalu besar mampu mempergunakan Fan DC ataupun AC yng tentunya lebih murah serta hemat energi listrik. Akan tetapi pemakaian fan akan menaikan penguapan air aquarium.
  • Tanaman
    Pengetahuan wacana karakteristik tanaman wajib dimiliki para aquascaper. Seringkali aquascaper pemula menemui kegagalan lantaran tak mengetahui karakter tanaman yng orang-orang beli. Karakteristik tanaman yang telah di sebutkan mampu meliputi kebutuhan cahaya, suhu, metode tanam dll yng tentunya mampu berbeda-beda bagi atau bisa juga dikatakan untuk setiap tanaman. Misalnya jenis moss serta fern salah satunya tanaman yng gampang, tak memerlukan intensitas cahaya tinggi akan tetapi butuh suhu yng dingin. Pada biasanya tanaman dari genus Cryptocoryne, Echinodorus, Saggitaria, Vallisneria, Anubias serta Hygrophylla bisa ditanam oleh pemula tanpa mengalami kesulitan.
  • Ikan
    Ikan yng cocok dalam aquascape pada biasanya merupakan tipe ikan yng pendamai serta berukuran kecil. Ikan yng berenang secara bergerombol semisal neon tetra, cardinal, red nose, rasbora akan terlihat Amat menarik bila dipadukan yang dengannya tanaman. Ikan berukuran besar serta pendamai bisa ditempatkan pada aquascape berukuran besar juga semisal Discus, Manvish ataupun Congo tetra. Selain bagi atau bisa juga dikatakan untuk hiasan ada juga ikan yng berfungsi menjdai pembersih algae semisal Ikan Siamese algae eater, otocinclus, udang red cherry serta keong turbo.
  • Kayu/Batu
    Penambahan unsur kayu serta batu mampu mempercantik tampilan aquascape kita. Selain itu kayu serta batu mampu dijadikan media tanam bagi atau bisa juga dikatakan untuk tanaman semisal moss, fern, anubias dll.
  • Filter
    Filter bukan cuma berfungsi melindungi kualitas serta kejernihan air saja, dalam aquascape sirkulasi air yng baik bisa menyebarkan nutrisi secara merata ke seluruh tanaman di dalamnya. Jenis filter yng cocok merupakan filter yng tak memicu riak2 dipermukaan air yng menghasilkan gas CO2 terbuang sia-sia akibat sifatnya yng lebih ringan . Pilihan mampu jatuh pada filter canister ataupun pilihan yng lebih murah filter box internal. Jenis filter gantung, trickle ataupun wet & dry tak cocok dipakai dalam aquascape.
Langkah-langkah setup Aquascape :
  • Campur substrate yang dengannya pupuk dasar. Campuran ini menjdai lapisan dasar aquascape kira2 tebal 3 cm. Ini merupakan langkah yng biasa di lakukan para aquascaper, penulis biasa mempergunakan lapisan tanah merah menjdai lapisan pertama yang dengannya catatan tanah merah yng dipakai Perlu murni serta bebas pupuk, pestisida serta bahan2 kimia lain-lainnya.
  • Tutup lapisan pertama yang dengannya substrate setinggi 3 – 7 cm. Bagian belakang mampu dibuat kontur yng agak meninggi.
  • Tempatkan aksesoris kayu ataupun batu bila ada, bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengawali rancangan kasar.
  • Aquarium diisi yang dengannya air 1/3 bagian lantas mulai menanam dari tanaman background, midground serta foreground. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk setup pertama kali usahkan menanam sepadat mungkin agar perkembangan algae terhambat oleh pertumbuhan tanaman. Lantas sesudah beberapa minggu kepadatan tamanan mampu dikurangi bila dimau-kan.
  • Pasang aksesoris Filter, lampu, CO2 set.
  • Sesudah aquascape terlihat stabil yang dengannya mulai terlihatnya pertumbuhan tanaman, penggunaan pupuk cair mampu mulai di lakukan sesuai dosis volume aquarium.
sumber:http://blogs.unpad.ac.id/ Sponsored Links loading... Loading... .

Source Articles & Image : petanitop.blogspot.com

Seputar Apa itu Aquascape? (Taman Dalam Air)

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Apa itu Aquascape? (Taman Dalam Air)