Menanam Lidah Mertua Yang Kaya Manfaat

- Januari 31, 2017

Menanam Lidah Mertua Yang Kaya Manfaat

 

Cara Menanam Bunga Lidah Mertua - Lidah mertua (Sansevieria) adalah tanaman hias yng tidak banyak butuh air serta sinar matahari, menjadikan tidak sedikit masyarakat menjadikan bunga ini menjdai hiasan di dalam ruangan ataupun rumah. Bunga Lidah Mertua khas yang dengannya daunnya yng kuat serta tegak, dan bentuknya yng runcing menjadikan Suka disebut semisal lidahnya mertua oleh warga Indonesia. Bunga Lidah mertua ini mempunyai keistimewaan mampu menyesuaikan diri yang dengannya lingkungan, walau pada musim kemarau tumbuhan ini cederung lebih mampu bertahan disbanding jenis tanaman hias lain-lainnya.
lidah mertua, Sansevieria
Tanaman Lidah Mertua ini mempunyai banyak sekali corak warna pada daun ataupun rimpangnya, corak yng Suka dijumpai merupakan hijau tua, hijau muda, hijau abu-abu, perak, hijau kuning, serta Putih kuning. Lidah mertua mempunyai 2 tipe yakni tipe rimpang panjang, serta tipe rimpang pendek. Selain daya adaptasinya yng tinggi, mempunyai corak warna, sebenarnya lidah mertua (Sansevieria) mempunyai tidak sedikit manfaat bagi kebugaran atau kesehatan, diantaranya yakni:
  1. Menyerap Polutan di Ruangan, Sansevieria bisa menyerap polutan yng terdapat pada udara di ruangan akibat rokok, ac, serta karbondioksida. Menjadikan bisa mengatasi Sick building syndrome.
  2. Antiseptic, Getah dari bunga lidah mertua ini bisa dijadikan menjdai antiseptic.
  3. Mengobati diabetes, Air rebusan daun lidah mertua Amat dipercaya bisa mengobati diabetes.
  4. Kebugaran atau kesehatan rambut, akar lidah mertua bisa dijadikan menjdai penyegar rambut serta mencegah kerontokan.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk membudidayakan tanaman Lidah Mertua yng kaya akan manfaat ini tidaklah sulit, bunga Sansevieria ini dapt tumbuh di area terbuka maupun di dalam ruangan yang dengannya mempergunakan pot. Agar tanaman lidah mertua ini bisa memberikan manfaat bagi kebugaran atau kesehatan keluarga, tanamlah di dalam pot serta letakkan di dalam rumah ataupun ruangan.
Menyiapkan Pot
Siapkan pot yng tak terlalu besar serta pun jangan terlalu kecil, isi pot yang dengannya campuran Tanah gembur, pupuk sangkar ataupun kompos, serta pasir yang dengannya perbandingan 3:2:1 (3 Tanah : 2 Pupuk : 1 Pasir). Sebelum memasukkan bahan isian ke dalam pot, sebaiknya kasih pecahan keramik ataupun genting pada dasar pot bagian dalam bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah Tanah isian keluar melalui lubang-lubang di bagian bawah pot. Isi pot 1/3 bagian pot saja.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh hasil yng tidak jelek alias bagus, sebaiknya genakan pot yang dengannya bahan semen ataupun tanah liat. Lantaran pot ini bisa memberikan kelembaban pada lidah mertua. Akan tetapi andai tanaman ini akan diletakkan dimeja ruangan ataupun kantor gunakanlah pot pelastik, lantaran nilai estetikanya lebih pas.
Menyiapkan Bibit Lidah Mertua
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk membudidayakan lidah mertua agar cepat tumbuh, maka penanaman sebaiknya mempergunakan tunas lidah mertua yng telah tumbuh. Pilihlah satu dari sekian banyaknya jenis Lidah mertua yng kamu sukai, sekedar saran andai bagi atau bisa juga dikatakan untuk di ruangan sebaiknya pilih lidah mertua yang dengannya corak hijau kuning. Warna hijau kuning akan tampak segar.
Sesudah memilih satu dari sekian banyaknya jenis lidah mertua, cari tunas ataupun ambil sebagian rumpun kecil yang dengannya cara menggali serta memotong pada bagian batang bawah yng saling menyatu antar rumpun. jangan hingga salah memotong menjadikan daun ataupun rimpang lidah mertua pun ikut terpotong.
Menanam Lidah Mertua Ke Pot
Sesudah diambil, sebaiknya bibit segera ditanam. Tanamlah Lidah mertua serta lantas tutup pot yang dengannya sisa tanah hingga terisi penuh (sisakan sekitar 5 cm dari bagian atas pot). Jangan menekan tanah yang dengannya Amat keras, lantaran bisa merusak akarnya. Letakkan pada tempat yng teduh, serta lakukan penyiraman sesudah penanaman selesai.
Perawatan Lidah Mertua
Pada awal penanaman sebaiknya lakukan penyiraman secara rutin pagi serta sore hari, sesudah lidah mertua telah tumbuh penyiraman bisa dikurangi 2-3 hari sekali. Lantaran bunga lidah mertua Amat tahan terhadap minimnya air.
Sesudah Bunga Sansevieria ini tumbuh, bisa dipindahkan ke area yng dimau-kan semisal ruang tamu, kamar tidur, teras rumah, meja kerja, maupun halaman rumah. Tanaman Sansevieria ini akan bertambah tidak sedikit yang dengannya system tunas. Makin tidak sedikit, tanaman ini akan makin terlihat tidak jelek alias bagus. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menambah indahnya lidah mertua, sebaiknya Buang daun ataupun rimpang yng kering ataupun bentuknya tak sempurna yang dengannya cara memotong dari pangkal rimpang.
Lakukan pemupukan andai dibutuhkan yang dengannya memberikan pupuk khusus tanaman hias, pemberian pupuk kimia umumnya akan merusak rimpang, andai ingin memberikan pupuk kimia, berilah yang dengannya jumlah yng Amat tidak banyak (10 butir ataupun 1 sendok teh) serta jangan langsung mengenai lidah mertua.
Itulah beberapa langkah simpel cara menanam lidah mertua (Sansevieria), sebaiknya kamu mulai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanam lidah mertua ini di rumah lantaran selain bentuknya yng tidak jelek alias bagus, tanaman ini pun kaya akan manfaat bagi kebugaran atau kesehatan.

Source Articles & Image : bijibersemi.com/

Seputar Menanam Lidah Mertua Yang Kaya Manfaat

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Menanam Lidah Mertua Yang Kaya Manfaat