Pohon Leci Berbuah Lebat, Ini Cara Menanamnya

- Maret 05, 2017

Pohon Leci Berbuah Lebat, Ini Cara Menanamnya

 

Cara Menanam Buah Leci dari Biji dalam Pot - Buah Leci (Litchi) ataupun Suka pun disebut Buah Lici adalah satu dari sekian banyaknya tanaman buah favourit yng tidak sedikit disukai masyarakat, rasanya yng segar serta manis menjadikan buah leci kerap dijadikan menjdai bahan pembuatan minuman. Buah Leci sekilas nampak semisal rambutan, akan tetapi tak mempunyai rambut-rambut pada kulitnya, kulit buah leci mempunyai duri kecil semisal Buah durian akan tetapi tak tajam. Andai dibuka, daging buah serta bijinya menyerupai kelengkeng. Buah leci pun mempunyai nilai jual yng cukup tinggi dibanding jenis buah yng lain-lainnya. Manfaat buah leci bagi kebugaran atau kesehatan pun cukup tidak sedikit semisal menyehatkan jantung, mencegah kanker, serta menyehatkan tulang. Cara membudidayakan Buah Leci pun tak begitu sulit, bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanamnya bisa di lakukan yang dengannya cara yng percis semisal cara menanam kelengkeng.
Tanaman Buah, Cara menanam buah leci dari biji, budidaya buah leci kom yang baik dan benar, manfaat buah leci bagi kesehatan, Cara menanam buah leci dari biji, Merawat pohon leci agar cepat berbuah, Menanam Tanaman Buah,
Cara menanam buah leci agar cepat berbuah Perlu memperhatikan keseburan tanah serta pun perawatan yng benar, Buah Leci memerlukan suhu antara 10-12 derajat celcius, akan tetapi ada varian dari buah leci yng mampu hidup di suhu panas yakni Leci Kom. Berikut beberapa langkah cara menanam buah leci dari biji yng baik serta benar.
Menyiapkan Bibit Buah Leci
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanam buah leci dari biji, maka Perlu di lakukan dari biji yng berasal dari buah leci yng benar-benar tua serta dari silsilah pohon yng sehat serta berbuah lebat. Ambil Bijinya serta lakukan penjemuran di terik matahari selama 1 hari bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengurangi kandungan airnya.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempercepat proses penunanasan, maka lakukan pendinginan biji leci semisal cara menanam bunga mawar. Biji leci ditempatkan pada kertas tissue serta letakkan pada lemari pendingin selama 3 hari (jangan di freezer).
Sesudah itu Siapkan media semai mempergunakan polybag yng diisi yang dengannya campuran tanah serta pupuk sangkar. Sesudah biji dikeluarkan dari lemari pendingin, maka langkah selanjutnya merupakan menanam biji ke media semai yng sudah disiapkan.
Letakkan media semai pada area yng teduh, akan tetapi tetap di kenai sinar matahari. Lakukan penyiraman yang dengannya spray bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi kelembaban media semai agar membantu percepatan tunas.
Rawat bibit buah leci secara baik agar memperoleh bakal pohon yng sehat serta batangnya kuat. Bibit hasil semai biji bisa ditanam ke lahan tanam permanen andai telah mempunyai tinggi sekitar 50cm.
Andai kamu tak ingin repot serta tak mau menunggu lama bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempunyai pohon buah leci yng berbuah, maka cara vegetatif adalah cara yng tepat. Yakni yang dengannya menyiapkan bibit hasil cangkok ataupun okulasi. Bibit leci telah tidak sedikit dijual di kios-kios pedagang bibit tanaman. Tanyakan secara detail perihal jenis bibit leci yng akan kamu beli, serta perhatikan kebugaran atau kesehatan bibitnya. Hal ini menjadi kunci berhasil dalam menanam buah leci.
Menyiapkan Lahan Tanam
Tanaman buah leci Amat menyukai tanah yng gembur serta subur, oleh lantaran itu kamu Perlu menentukan area yng tepat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanam buah leci agar memperoleh tanaman buah leci yng berbuah lebat.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanam tanaman buah Leci di dalam pot, maka kamu Perlu menyiapkan pot yang dengannya ukuran yng besar ataupun mampu mempergunakan serta memanfaatkan drum bekas yng dipotong, isi pot yang telah di sebutkan yang dengannya campuran tanah gembur yang dengannya pupuk sangkar yang dengannya perbandingan 1:1.
Akan tetapi andai kamu ingin menanam buah leci di pekarangan rumah, maka pilihlah area yng subur, mendapatkan sinar matahari, serta tak tergenang air era hujan. Buatlah lubang tanam yang dengannya ukuran 60cm x 60cm yang dengannya kedalaman 50cm. Isi lubang yang dengannya pupuk sangkar hingga 2/3 bagian terisi. Biarkan lubang tanam seama 2 minggu sebelum ditanami agar pupuk sangkar bisa terserap yang dengannya sempurna.
Menanam Bibit Buah Leci
Bibit buah leci dari hasil semai biji bisa dipindahkan andai telah mencapai sekitar 50cm, bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengalihkan bibit ke lubang tanam (pot ataupun halaman rumah), maka butuh disiram berlebi dahulu agar membuat mudah melepas polybag semaian. Robek polybag yang dengannya mempergunakan pisau, serta pisahkan bibit beserta tanah semaian.
Masukkan bibit ke dalam pot ataupun lubang tanam yng sudah disediakan, lalu tutup mempergunakan sisa tanah yng ada. lakukan penyiraman beberapa saat sesudah bibit selesai ditanam. Andai kamu menanam pada area ataupun lahan yng luas maka jarak penanam buah leci yng baik merupakan 8m x 8m.
Melakukan Perawatan Tanaman Buah Leci
Perawatan pada tanaman buah leci cukup yang dengannya melakukan penyiangan serta pemupukan ulang mempergunakan pupuk sangkar. Pemupukan sebaiknya di lakukan setiap 3 bulan sekali pada 2 tahun awal agar pohon leci cepat pertumbuhannya. Pemupukan pun mampu mempergunakan pupuk kimia, akan tetapi dosisnya jangan terlalu tidak sedikit serta jangan memupuk dekat yang dengannya pangkal pohonnya, berikan jarak sekitar 20cm dari pangkal pohon buah leci.
Lakukan pun penyiraman sebanyk 2 kali dalam 1 haru pada awal-awal tanam, akan tetapi andai kondisi musim hujan penyiraman bisa dikurangi ataupun ditiadakan menyesuaikan tingginya curah hujan.
Masa Panen Buah Leci
Masa Panen bauh leci merupakan sekitar 4-5 tahun sesudah penanaman, akan tetapi bibit buah leci yng telah tidak sedikit dikembangkan era ini mampu menghasilkan buah pada umur 3 tahun semisal buah Leci Kom.
Pemanenan buah leci bisa di lakukan yang dengannya cara memotong tanglai buahnya, bauh leci yng matang terasa lebih lunak era dipencet, agar yakin era melakukan pemanenan sebaiknya ambil beberapa sampel buah bagi atau bisa juga dikatakan untuk dites kematangannya.
Itulah beberapa langkah cara menanam buah leci dari biji serta dari cangkok, penanaman di dalam pot maupun kebun mempunyai kelebihan masing-masing tentunya. Harga buah leci di pasaran pun Amat tinggi, mampu mencapai 60rb per kilo. Ini mampu menjadi solusi mempergunakan serta memanfaatkan lahan kebun agar mampu dibudidayakan tanaman buah leci. Andai produksi buah leci kamu besar, maka sasaran pasarnya merupakan industri makanan ataupun minuman olahan.

Source Articles & Image : bijibersemi.com/

Seputar Pohon Leci Berbuah Lebat, Ini Cara Menanamnya

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pohon Leci Berbuah Lebat, Ini Cara Menanamnya