Ingin Menanam Pohon Buah Matoa? Baca Dulu Ini

- Maret 14, 2017

Ingin Menanam Pohon Buah Matoa? Baca Dulu Ini

 

Cara Menanam Pohon Buah Matoa dari Biji - Matoa (Pometia pinnata) merupakan tanaman buah khas Papua, tergolong pohon besar yang dengannya tinggi rata-rata 18 meter yang dengannya diameter rata-rata maksimum 100 cm. Biasanya berbuah sekali dalam setahun. Berbunga pada bulan Juli hingga Oktober serta berbuah 3 ataupun 4 bulan lantas. Penyebaran buah matoa di Papua hampir terdapat di seluruh wilayah dataran rendah sampai-sampai ketinggian ± 1200 m dpl. Tumbuh baik pada daerah yng kondisi tanahnya kering (tak tergenang) yang dengannya lapisan tanah yng tebal. Iklim yng dibutuhkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk pertumbuhan yng baik merupakan iklim yang dengannya curah hujan yng tinggi (>1200 mm/tahun). Matoa pun terdapat di beberapa daerah di Sulawesi, Maluku, serta Papua New Guinea. Buah matoa mempunyai rasa yng manis. Di Papua dikenal 2 jenis matoa, yakni Matoa Kelapa serta Matoa Papeda. Ciri yng membedakan keduanya merupakan terdapat pada tekstur buahnya, Matoa Kelapa dicirikan oleh daging buah yng kenyal semisal rambutan aceh, diameter buah 2,2-2,9 cm serta diameter biji 1,25-1,40 cm. Sedangkan Matoa Papeda dicirikan oleh daging buahnya yng agak lembek serta lengket yang dengannya diamater buah 1,4-2,0 cm. Tanaman ini gampang beraptasi yang dengannya kondisi panas maupun dingin. Pohon ini pun tahan terhadap serangga, yng pada biasanya merusak buah. (sumber: wikipedia)
cara menanam matoa, buah matoa, cangkok matoa
Budidaya buah matoa bisa di lakukan yang dengannya cara menanam biji (generatif) maupun denan cara mencangkok batang (vegetatif), tentunya kedua cara ini mempunyai kelebihan serta kekurangan masing-masing, akan tetapi andai kamu mengharapkan pohon matoa yng cepat berbuah serta rasa buahnya menyerupai pohon induknya, maka cangkok batang merupakan cara yng paling baik. Berikut beberapa langkah cara menanam pohon buah matoa:
Menyiapkan Bibit Matoa
Andai kamu memutuskan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyiapkan bibit dari hasil cangkokan, maka kamu butuh memilih pohon induk yng telah terbukti menghasilkan buah yang dengannya kualitas buah super, baik rasanya maupun ketahanan terhadap penyakit. Semisal halnya cara budidaya srikaya yang dengannya cangkok, Pilih satu dari sekian banyaknya cabang pohon yng tak terlalu tua serta tak terlalu muda serta mulailah mencangkok yang dengannya cara yng benar yakni yang dengannya menyayat kulit serta hilangkan kambiumnya, lantas tutup yang dengannya tanah yng dibungkus yang dengannya pelastik ataupun sabut kelapa. Biarkan cangkokan hingga mengeluarkan akar. Sesudah cangkokan mengeluarkan akar, potong serta pindahkan ke pelastik polybag yng sudah diisi yang dengannya campuran tanah gembur serta pupuk sangkar, rawat bibit hingga mengeluarkan tidak sedikit akar serta terlihat tanda-tanda bibit tumbuh.
cangkok, cara mencangkok, bibit matoa
Pic/Cangkok (by: warasfarm)

Andai kamu tak ingin repot, carilah bibit matoa di pedagang bibit tanaman di kota kamu. Umumnya bibit matoa tidak sedikit dijual, pilih bibit yng tak terlalu tidak sedikit cabang serta kualitas daun dan pohonnya terlihat subur.
Andai kamu memilih budidaya matoa dari biji, maka semailah biji matoa yng berasal dari buah matoa yng telah tua. Biarkan hingga bibit hingga mempunyai tinggi batang sekitar 10-15cm, lantas pindahkan ke polybag. Rawatlah bibit hingga tinggi batang sekitar 40-50cm sebelum ditanam ke lahan tanam permanen.
Membuat Lubang Tanam
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk budidaya matoa bisa di lakukan di tanah secara langsung serta pun mampu ditanam di pot menjdai tanaman buah dalam pot (tabulampot). Andai kamu menginginkan menanam matoa di pot, maka kamu Perlu menyiapkan pot yng cukup besar, ataupun mampu mempergunakan potongan drum bekas. Isi yang dengannya campuran tanah gembur serta pupuk sangkar yang dengannya perbandingan 2:1 (2 tanah : 1 Pupuk).
Akan tetapi, buah matoa yng dijadikan tanaman buah dalam pot tak bisa menghasilkan buah yng maksimal lantaran ruang tumbuhnya dibatasi. Pohon matoa akan tumbuh baik andai ditanam di tanah secara langsung. Buatlah lubang tanam yang dengannya ukuran 50cm x 50cm yang dengannya kedalaman 50-60cm. Isi lubang yang dengannya pupuk sangkar hingga 2/3 bagian terisi. Biarkan lubang selama 1 bulan sebelum ditanami agar pupuk sangkar meresap sempurna serta kondisi tanah stabil.
Menanam Matoa
Sesudah bibit matoa hasil cangkokan yng ditanam ke polybag ataupun bibit matoa hasil semai biji telah mencapai ketinggian 50cm, maka bibit bisa dipindahkan ke lahan tanam permanen baik berupa pot maupun ke tanah secara langsung. Tanamlah yang dengannya cara membuka polybagnya berlebi dahulu secara perlahan. Selanjutnya tanam ke lubang tanam serta tutup yang dengannya tanah sisa galian, padatkan secara perlahan. Lakukan penyiraman sesudah penanaman selesai di lakukan.
Merawat Matoa
Perawatan yng di lakukan cuma menyulam bibit andai mati serta melakukan pembersihan rumput-rumput pengganggu yng ada disekitar pohon matoa. Pemupukan secara terencana setiap 1 bulan sekali yang dengannya pupuk sangkar.
Lakukan pemangkasan era usia matoa mencapai 3 tahun penanaman, hal ini bertujuan agar pohon matoa menghasilkan tidak sedikit cabang, menjadikan kesempatan setiap cabang menghasilkan buah akan lebih besar.
Masa panen Pohon matoa hasil cangkokan umumnya akan menghasilkan buah pada umur 4 tahun, andai budidaya matoa dari biji akan memerlukan waktu 6 tahun bagi atau bisa juga dikatakan untuk berbuah. Buah matoa siap dipanen sesudah 2 bulan dari mulai keluar bunga. Lakukan pemanenan yang dengannya memotong tangkai buah matoa mengunakan gunting panen buah ataupun pisau tajam.
Itulah beberpa langkah cara menanam buah matoa dari biji serta pun budidaya dari bibit cangkokan. Buah matoa mempunyai tidak sedikit manfaat bagi kebugaran atau kesehatan diantaranya : Melindungi kekebalan tubuh, meringankan stress, melindungi kebugaran atau kesehatan kulit, mencegah dari penyakit kanker serta jantung. Sekilas buah matoa semisal kelengkeng serta rambutan.
rujukan : https://id.wikipedia.org/wiki/Matoa

Source Articles & Image : bijibersemi.com/

Seputar Ingin Menanam Pohon Buah Matoa? Baca Dulu Ini

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Ingin Menanam Pohon Buah Matoa? Baca Dulu Ini