Beternak Kelinci Pedaging Yang Menguntungkan

- Maret 08, 2017

Beternak Kelinci Pedaging Yang Menguntungkan

 

Cara Memelihara Kelinci Pedaging Yng Baik serta Benar - Kelinci adalah satu dari sekian banyaknya jenis hewan herbivora yng mempunyai tidak sedikit manfaatnya. Kelinci bisa dibudidayakan menjdai Kelinci pedaging serta pun sebagao Kelinci Hias, tentu kedua mempunyai keuntungan masing-masing. Andai Kamu ingin memlihara kelinci yng diperuntukkan menjdai kelinci pedaging, maka kamu butuh merawat serta menggemukkan Kelinci agar mempunyai daging yng tidak sedikit. Daging Kelinci telah lama tidak sedikit diminati, lebih-lebih menu sate kelinci. Umumnya makanan olahan kelinci tidak sedikit kita jumpai di daerah yang dengannya suhu yng dingin semisal pegunungan, yah memanglah hal ini dipengaruhi oleh kemudahan perkembangbiakan kelinci di daerah yang dengannya suhu yng relatif dingin.
Peternakan, Cara berternak Kelinci, Tips peluang usaha beternak kelinci pedaging, Cara agar sukses beternak kelinci pedaging, asumsi peluang usaha kelinci pedaging,
Cara Beternak Kelinci Pedaging Yng Benar - Semisal halnya memelihara Kelinci Hias, budidaya kelinci pedaging pun memerlukan perlakuan yng telaten. Kelinci memanglah rentan terhadap serangan penyakit lebih-lebih andai kebersihan sangkar tak diperhatikan. Berikut beberapa tips cara beternak kelinci pedaging yng baik serta benar:
Memilih Indukan Kelinci
Memilih induk kelinci yng benar menjadi satu dari sekian banyaknya kunci kesuksesan dalam beternak kelinci pedaging, lantaran kelinci indukan yng sehat akan menghasilkan anak-naka kelinci yng sehat pun. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisnis ternak kelinci pedaging tentunya butuh diperhatikan pun jenis indukan, kelinci pedaging mempunyai tidak sedikit ras diantaranya Jenis Californian, New Zealand, Angora, serta masih tidak sedikit lagi yng lain-lainnya. Andai kamu ingin membeli kelinci bagi atau bisa juga dikatakan untuk pembibitan, maka tanyakan berlebi dahulu jenis kelinci apa yng sesuai yang dengannya kondisi lingkungan tempat tinggal Kamu.
Pada tulisan atau artikel sebelumnya Bijibersemi.com sudah mengulas wacana bagaimana cara memilih Bibit Indukan Kelinci yng sehat, ada beberapa ciri-ciri kelinci pejantan serta kelinci betina yng butuh dimiliki agar bibit kelinci adalah bibit yng sehat serta super.
Membuat Sangkar Kelinci
Cara membuat sangkar bagi atau bisa juga dikatakan untuk kelinci pedaging percis saja yang dengannya cara membuat kendang kelinci hias serta kelinci peliharaan lain-lainnya, cuma saja sangkar kelinci pedaging Perlu didesain agar kelinci tak tidak sedikit bergerak, tujuannya merupakan agar kelinci cepat gemuk. Jenis sangkar kelinci bagi atau bisa juga dikatakan untuk pedaging yng tepat merupakan Jenis sangkar batery, yang dengannya sangkar jenis ini kelinci pedaging tak tidak sedikit bergerak serta pun dijauhkan antar kelinci yang dengannya yng lain-lainnya.
Sangkar kelinci pedaging Perlu dijauhkan antara induk serta anaknya, pemisahan sebaiknya disaat anak kelinci telah berumur 3 bulan. Selain itu kelinci jantan indukan serta kelinci Betina indukan cuma disatukan dalam satu sangkar disaat proses perkawinan saja, sesudah kelinci betina hamil maka butuh dijauhkan.
Buatlah sangkar kelinci yng mempunyai sirkulasi udara baik, akan tetapi tetap melindungi kelinci agar tak keidnginan era hujan. Kelinci akan berkembang biak yang dengannya baik pada suhu diantara 19 - 22 derajat celcius. Dekat yang dengannya sumber air lantaran kelinci memerlukan air yng tidak sedikit pun.
Masa Perkawinan Kelinci
Andai kamu ingin membudidayakan Kelinci maka Kamu butuh tahu kebiasaan Perkawinan antara kelinci pejantan serta kelinci betina. Umumnya proses perkawinan kelinci di lakukan pada pagi serta sore hari. Kamu Perlu memastikan bahwasanya proses perkawinan benar-benar terlaksana. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengantisipasi proses perkawinan yng gagal, maka sebaiknya biarkan perkawinan berlangsung 2 - 3 kali sebelum bibit kelinci jantan serta kelinci betina dijauhkan.
Pada era proses perkawinan, sebaiknya cuma satu kelinci jantan serta kelinci betina yng dipilih saja yng disatukan dalam satu sangkar. Agar gampang diidentifikasi kelinci betina mana yng telah dibuahi.
Proses perkawinan indukan kelinci telah mampu di lakukan pada Usian Kelinci telah mencapai 6 bulan, usia ini merupakan usia yng telah matang serta kelinci betina telah mempunyai sifat mengasuh. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk kelinci pejantan umumnya telah mampu membuahi pada umur 5 bulan, akan tetapi sebaiknya pasangkan kelinci jantan yng baru pertama kali akan membuahi yang dengannya kelinci betina yng telah pernah melahirkan sebelumnya agar tak terlalu sulit bagi atau bisa juga dikatakan untuk proses perkawinannya.
Merawat Anak Kelinci
Induk betina kelinci akan memiliki kandungan anaknya sekitar 1 bulan, pada masa kehamilannya sebaiknya pisahkan yang dengannya kelinci lain-lainnya. Satu induk kelinci umumnya mampu melahirkan anak minimal 4 anak, oleh lantaran itu butuh perawatan khusus agar kelinci betina mampu memenuhi gizi bagi anak-anaknya.
Sediakan kotak yng dilapisi yang dengannya jerami bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi anak kelinci agar tak kedinginan serta membuat induk kelinci lebih nyaman dalam menyusui.
Berilah makanan yng teraturdan bersihkan sangkar secara terencana agar bibit penyakit tak tidak sedikit berkembang di sangkar. Pada usia anak kelinci dibawah 3 tahun umumnya Amat rentan terhadap serangan penyakit serta gampang mati, oleh lantaran itu kebersihan sangkar Perlu Amat diperhatikan.
Bagaimana mengantisipasi jumlah anak kelinci yng terlalu tidak sedikit era lahir?
Memanglah ini menjadi tantangan bagi seseorang yng ingin membudidayakan kelinci, umumnya kelinci mampu melahirkan anak hingga 8 ekor ataupun malah lebih padahal jumlah susu induknya tak mencukupi. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengantisipasi hal yang telah di sebutkan sebaiknya titipkan sebagian anak kelinci ke kelinci lain yng pun sedang menyusui.
Asumsi Kesempatan Usaha Beternak Kelinci Pedaging
Andai kamu mencari kesempatan bisnis yng bisa di lakukan di rumah, maka Kamu butuh melirik jenis bisnis budidaya kelinci pedaging. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk asumsi kesempatan usaha kelinci merupakan menjdai berikut:
Modal Awal
Membuat sangkar Kelinci : Rp 1.500.000,- (akan lebih murah andai dibuat sendiri serta bahan telah tersedia)
Bibit Kelinci : 10 Betina x @ Rp 50,000,- = Rp 500.000,-
Bibit Kelinci : 2 Jantan x @ Rp 60.000,- = Rp 120.000,-
Pakan : Rp 0 (cari rumput sendiri)
Modal Awal : Rp 2.120.000,-
Penjualan Kelinci
Andai diasumsikan setiap kelinci mampu menghasilkan 4-5 anak setiap bulannya, maka :
Jumlah Anak : 10 betina indukan x 5 anak /induk = 50 Anak per bulan
Harga Jual : Rp 50.000,-/ekor
Pendapatan perbulan : 50 x 50.000,- = Rp 2.500.000/bulan
Andai melihat pada asumsi di atas maka modal Kamu bisnis telah akan balik pada bulan pertama penjualan.
Itulah beberapa tips cara beternak kelinci pedaging, andai melihat perhitungan di atas tentunya kesempatan bisnis beternak kelinci pedaging cukup menggiurkan. Mampu menjadi solusi bagi tambahan uang keluarga, yang dengannya modal yng kecil telah mampu memperoleh income yng teratur setiap bulannya.


Source Articles & Image : bijibersemi.com/

Seputar Beternak Kelinci Pedaging Yang Menguntungkan

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Beternak Kelinci Pedaging Yang Menguntungkan