Cara Jitu Penyemaian Bibit Kelapa Sawit

- Februari 11, 2017

Cara Jitu Penyemaian Bibit Kelapa Sawit

 

Cara Menyemai Benih Kelapa Sawit - Sesudah melakukan proses pencambahan kelapa sawit, bibit Perlu disemai berlebi dahulu hingga siap tanam. Perawatan serta pemupukan pun Amat dianjurkan pada kegiatan penyemaian bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghasilkan bibit yng unggul. Lakukan beberapa langkah berikut bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyemai bibit kelapa sawit yng unggul:
  1. Menyiapkan media tanam yang dengannya mempergunakan polybag kecil (ukuran 12 x 23 cm) yng diisi yang dengannya Tanah penutup (Tanah pucuk/lapisan Tanah bagian atas). Campurkan pupuk sangkar agar bibit kelapa sawit mendapatkan nutrisi. diamkan polybag yng sudah diisi Tanah selama 1 hari bagi atau bisa juga dikatakan untuk memulihkan kondisi unsur hara Tanah sesudah proses pengadukan.
  2. Susun polybag menjadi beberapa kolom yang dengannya lebar serta panjang disesuaikan yang dengannya kebutuhan serta ukuran area penyemaian.
  3. Biji yng sudah berkecambah (tunas kecil) ditanam ke dalam polybag yang dengannya kedalaman sekitar 2 - 3 cm.
    Penyemaian bibit kelapa sawit
  4. Berilah penutup yang dengannya jarring ataupun mempergunakan atap dari dedaunan bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi tempat penyemaian tetap lembab.
  5. Lakukan penyiraman secara terencana pagi serta sore hari yang dengannya mempergunakan springkel ataupun alat penyiraman lain. Akan tetapi yng butuh diperhatikan merupakan jangan hingga menyiram terlalu basah.
  6. Sesudah bibit berumur 3 bulan dari penyemaian ataupun bibit sudah mempunyai daun sekitar 4 - 5 helai, bibit bisa dipindahkan ke polybag yng lebih besar serta diletakkan pada tempat persemian terbuka.
Penyemaian di area terbuka bisa di lakukan yang dengannya beberapa langkah berikut:
  1. Menyiapkan polybag yang dengannya ukuran yng lebih besar dari sebelumnya (ukuran sekitar 40 cm x 50 cm), isi polybag yang dengannya Tanah pucuk yng dicampur yang dengannya pupuk sangkar ataupun pupuk kompos.
    Penyemaian Bibit Kelapa Sawit
  2. Letakkan polybag pada area yng datar, serta atur jarak antar polybag menjadikan bisa memberikan ruang yng baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk pencahayaan.
  3. Lakukan penyiraman secara terencana pagi serta sore, jangan menyiram terlalu tidak sedikit yng bisa memicu becek pada polybag.
  4. Lakukan perawatan secara teratur yang dengannya membersihkan rumput/gulma yng tumbuh pada polybag.
  5. Seleksi bibit yng tumbuh secara tak normal, gantikan yang dengannya bibit lain.
  6. Lakukan pemupukan yang dengannya mempergunakan pupuk kimia bagi atau bisa juga dikatakan untuk membantu penambahan nutrisi, pemupukan bisa di lakukan yang dengannya melarutkan pupuk urea yang dengannya air bagi atau bisa juga dikatakan untuk tanaman yng berusia 4-7 minggu, selanjutnya bisa melakukan pemupukan yang dengannya penebaran. Jangan terlalu tidak sedikit lantaran bisa merusak bibit.
  7. Bibit akan siap tanam sekitar usia 8 bulan dari penyemaian di area terbuka.
Lakukan langkah-langkah membuat bibit kelapa sawit hingga siap tanam bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh bibit kelapa sawit yng tidak jelek alias bagus. Perawatan serta pemupukan pun Perlu di lakukan secara teratur agar bibit bisa tumbuh yang dengannya normal serta subur.

Source Articles & Image : bijibersemi.com/

Seputar Cara Jitu Penyemaian Bibit Kelapa Sawit

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Jitu Penyemaian Bibit Kelapa Sawit