Mau Tau Hewan Apa Sebenarnya Penyebar Toksoplasma? Ini Faktanya !

- Januari 08, 2017

Mau Tau Hewan Apa Sebenarnya Penyebar Toksoplasma? Ini Faktanya !

 
. . Sebenarnya Tidak sedikit Hewan/Binatang Lain yng Mampu Menyebarkan parasit Toksoplasma penyebab Toksoplasmosis.
Penyakit Toksoplasmosis. Orang awam lebih mengenal yang dengannya istilah toksoplasma, padahal istilah toksoplasma merupakan sebetulnya nama parasit ataupun protozoa. Serta yng butuh dicatat merupakan penyebab toksoplasmosis bukan kuman, bukan bakteri serta bukan juga virus. Nama parasit lengkap nya merupakan Toksoplasma gondii.

Tidak sedikit orang awam yng asal tuduh bahwasanya penyebar penyakit toksoplasma merupakan kucing. Mungkin ada pun benarnya akan tetapi sebenarnya pun tidak sedikit salahnya. Tidak sedikit penelitian menunjukan hasil yng mencengangkan serta sebetulnya penelitian ini telah di lakukan beberapa tahun yng lalu yang dengannya sampling hewan di beberapa RPH. Hewan-hewan yng disampling merupakan hewan ternak berupa kambing serta domba.
Penelitian di lakukan pada 50 sample kambing serta domba yng dipotong di RPH Surabaya serta di lakukan pada tahun 2004. Hasil yng mengejutkan merupakan dari 50 sample yng diteliti didapati 26 sampel positif toksoplasma. Jadi sekitar 52% dari sampel yng sebenarnya positif toksoplasma.
Penelitian diatas makin menguatkan bahwasanya statemen kucing menjdai tertuduh utama penyebar toksoplasma merupakan percis sekali tak benar. Menjadikan indikasi bahwasanya selama ini ada "black campaign" ataupun kampanye hitam dari kalangan tertentu bagi atau bisa juga dikatakan untuk membenci kucing serta lebih menyukai anjing merupakan benar adanya. Padahal anjingpun mempunyai potensi yng Amat besar menjdai penyebar toksoplasma.
Penelitian yng menunjukan bahwasanya sebenarnya hewan konsumsi contohnya kambing serta domba pun mampu memicu toksoplasma memberikan "alert" ataupun peringatan bagi kita agar lebih waspada serta hati-hati akan penyebaran serta penyebab toksoplasmosis. Serta menuduh salah secara membabi buta terhadap kucing menjdai penyebab toksoplasma merupakan tindakan yng keliru serta tak bijaksana.
Pada pemeriksaan daging babi yng dipotong di RPH Surabaya didapati 20% dari 30 sampel positif memiliki kandungan kista toksoplasma. Diketahui sebanyk 6,7% pada babi yng berasal dari Tulung Agung, serta 13,3% dari babi yng berasal dari Bangil. Sedangkan babi yng berasal dari Sragen, Krian serta Malang tak didapati kista toksoplasma di dalam dagingnya.

Sesudah mengetahui bahwasanya sebenarnya tidak sedikit pun jenis hewan ataupun binatang yng mampu menghasilkan penyakit toksoplasma salah satunya didalamnya babi, maka yng butuh dicermati merupakan proses penularan penyakit ini baik dari hewan ke hewan lain-lainnya maupun dari hewan ke kita-kita. Proses penularan toksoplasma secara umum merupakan melalui makanan yng masuk melalui mulut. Prosesnya percis antara penularan pada hewan serta kita-kita yakni melalui makanan. Satu dari sekian banyaknya cara mencegah terjangkitnya penyakit toksoplasma merupakan yang dengannya melindungi higienitas ataupun kebersihan bahan makanan serta pun cara makan yng sehat. Kebersihan makanan pun wajib diterapkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk hewan kesayangan kita agar bebas dari toksoplasma.
Bagaimana potensi toksoplasma pada ayam? Pada penelitian terhadap daging ayam dibeberapa pasar di Surabaya pun didapati potensi penyebaran toksoplasmosis dari daging ayam.
Dari sampel penelitian didapati bahwasanya 18% dari seluruh daging ayam yng diperiksa positif toksoplasma. Sebanyk 12% daging ayam ras dinyatakan positif memiliki kandungan toksoplasma serta 6% daging ayam buras yng diperiksa positif memiliki kandungan toksoplasma

Ada satu penelitian yng hasil nya Amat menarik serta tentunya mengejutkan bagi orang-orang yng selalu menghujat kucing menjdai penyebar utama toksoplasma. Silahkan kamu cermati hasil penelitian dibawah ini:
Hasil dari penelitian yng di lakukan di Surabaya pada tahun 2004 pada anak kucing ataupun kucing muda liar ataupun jalanan di Surabaya, dari sampel sebanyk 100 ekor kucing tak menemukan seekorpun yng mengeluarkan ooksita toksoplasma dari kotoran yng diperiksa. Sampel ini diperoleh dari daerah Surabaya Utara, Surabaya Pusat, Surabaya Timur, Surabaya Barat serta Surabaya Selatan.
Fakta-fakta diatas makin memperlihatkan bahwasanya sebenarnya kucing bukanlah penyebab toksoplasma terbanyak meskipun andai tak di awasi kebersihan pakannya maka tetap ada potensi kucing membawa toksoplasma semisal pun hewan-hewan lain yng menjadi obyek penelitian diatas. Jadi jangan langsung salahkan kucing andai kamu menemukan kasus toksoplasmosis dilingkungan tempat tinggal kamu lantaran mampu jadi tidak sedikit hewan lain yng menjadi penyebabnya.
Silahkan bagikan serta sebarkan tulisan atau artikel ini andai memberikan manfaat. Terima beri.
Sponsored Links loading... Loading... .

Source Articles & Image : petanitop.blogspot.com

Seputar Mau Tau Hewan Apa Sebenarnya Penyebar Toksoplasma? Ini Faktanya !

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Mau Tau Hewan Apa Sebenarnya Penyebar Toksoplasma? Ini Faktanya !