Agar Pohon Nangka Cepat Berbuah, Lakukan Cara Ini

- Januari 08, 2017

Agar Pohon Nangka Cepat Berbuah, Lakukan Cara Ini

 

Cara Menanam Pohon Nangka Yng Baik - Pohon Nangka adalah satu dari sekian banyaknya jenis tanaman yng menghasilkan buah yang dengannya nama yng percis, Buah Nangka berbentuk oval yang dengannya kulitnya bergerigi semisal buah duren akan tetapi ukurannya durinya pada kulit nangka tak sebesar durian. Buah nangka yng telah matang bisa dimafaatkan menjdai bahan pembuat minuman semisal jus maupun es campur, akan tetapi pun mampu dinikmati langsung tanpa diolah. Selain dimanfaatkan era telah matang, buah nangka umumnya tidak sedikit dipakai menjdai bahan masakan semisal bahan pembuat gudeg (makanan khas jogja).
buah nangka, menanam nangka, cara menanam nangka
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk membudidayakan pohon nangka agar cepat menghasilkan buah bisa di lakukan yang dengannya beberapa langkah yang akan di sajikan kali ini:
Menyiapkan Bibit Nangka
Pembibitan buah nangka yng paling Suka di lakukan merupakan melalui bijinya, pembibitan di lakukan yang dengannya melakukan penyamaian biji nangka dari buah nangka yng telah tua serta matang. Sebelum melakukan penyemaian, biji nangka Perlu dibersihkan dari daging nangka yng masih tersisa serta pun lendir-lendir yng terkandung dalam kulit bijinya. Pembersihan bisa di lakukan yang dengannya mencuci serta menjemur biji dibawah sinar matahri sekitar 2 jam saja.
Siapkan media semai berupa polybag yng diisi yang dengannya campuran tanah serta pupuk sangkar, jumlah polybag disesuaikan yang dengannya jumlah bibit yng akan disemai. Pada era penyemaian, 1 polybag cuma bagi atau bisa juga dikatakan untuk 1 biji nangka saja.
Sebelum di lakukan penyemaian, biji beton sebaiknya direndam kembali dalam air Anget serta biarkan selama 2 hari di dalam rendaman air. Sesudah itu angkat serta tiriskan, lantas benamkan biji nangka ke media semai yng sudah disiapkan. Lakukan penyiraman sehari sekali pada sore hari. Biarkan hingga bibit nangka tumbuh serta mencapai tinggi batang 60cm-70cm ataupun diameter batang sekitar 1,5cm bagi atau bisa juga dikatakan untuk siap ditanam ke lahan tanam permanen.
Andai kamu menginginkan pohon nangka yng cepat berbuah, maka penyiapan bibit sebaiknya di lakukan yang dengannya okulasi. Akan tetapi tingkat keberhasilannya cukup rendah, mengingat kandungan getah pada pohon nangka cukup tidak sedikit. Lakukan okulasi yang dengannya cara yng benar semisal cara menanam pohon srikaya.
Andaikan kamu tak ingin repot, maka belilah bibit buah nangka di kios-kios yng menjual bibit tanaman buah serta bibit bunga. Carilah bibit yng dibudidayakan dari hasil okulasi ataupun sambung pucuk, umumnya ditandai yang dengannya adanya bekas sayatan di kulitnya. Biarkan selama 2 minggu bibit hasil pembelian, agar menyesuaikan yang dengannya lingkungan sekitar.
Menyiapkan Lahan Tanam
Pohon nangka merupakan pohon yng memerukan ruang tumbuh, dan bentuk batangnya yng rindang. Menjadikan lahan tanam bagi atau bisa juga dikatakan untuk ohon nangka sebaiknya lahan yng relatif luas, serta jauhkan dari bangunan rumah, dikhawatirkan akar pohon nangka bisa merusak struktur bangunan rumah.
Buatlah lubang tanam yang dengannya ukuran 60cm x 60cm yang dengannya kedalaman sekitar 50cm - 60cm, isi lubang tanam yang dengannya pupuk sangkar hingga 1/2 bagian terisi. Biarkan lubang selama 3 minggu sebelum ditanami agar unsur hara dalam pupuk sangkar meresap sempurna dalam tanah.
Andai pohon buah nangka akan dibudidayakan dalam jumlah yng tidak sedikit, maka buatlah lubang tanam yang dengannya ukuran yng percis pada jarak sekitar 6-7meter dari lubang yng sebelumnya.
Menanam Bibit Pohon Nangka
Sesudah bibit nangka siap tanam, maka langkah selanjutnya merupakan mengalihkan bibit pohon nangka dekat lubang tanam yng sudah dibuat. Robek polybag semaian secara perlahan agar tanah semaian tak hancur, lantas masukkan pangkal bibit nangka ke dalam lubang tanam yng sudah disediakan. Tutup lubang yang dengannya tanah sisa galian yng ada di dekat lubang. Padatkan yang dengannya cara menginjak secara perlahan-lahan. Lakukan penyiraman sesudah seluruh bibit nangka selesai ditanam.
Penanaman nangka sebaiknya di lakukan pada awal musin hujan agar tak butuh repot melakukan penyiraman.
Merawat Pohon Nangka
Perawatan yng di lakukan merupakan yang dengannya membersihkan rumput ataupun tanaman perdu yng tumbuh disekitar pohon nangka, lantas lakukan pemupukan ulang pada umur tanaman sekitar 6 bulan yang dengannya mempergunakan pupuk sangkar.
buah nangka, nangka mini
Pembasmian hama pun butuh di lakukan andai pohon nangka diserang hama, lakukan penyemprotan yang dengannya mempergunakan insectisida yang dengannya takaran sesuai yng dianjurkan pada kemasan.
Masa Panen Buah Nangka
Pohon nangka yng dibudidayakan dari biji, akan menghasilkan buah pada umur tanaman sekitar 7-10 tahun, akan tetapi andai bibit nangka hasil okulasi akan menghasilkan buah pada umur 5 tahun. Pemanenan di lakukan andai buah telah masak yng ditandai yang dengannya muncul bau harum serta pun ukuran duri-duri pada kulit nangka telah mulai membesar.
Itulah beberapa langkah simpel cara menanam pohon buah nangka dari biji serta secara okulasi agar cepat menghasilkan buah. Era ini telah tidak sedikit dikembangkan bibit pohon nangka mini yng bisa ditanam dalam pot serta pun bisa menghasilkan buah dalam usia tanam sekitar 2 tahun saja. Tentunya ini menjadi kabar baik bagi para pecinta tanaman, tak butuh menunggu terlalu lama bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa menikmati pohon nangka yng cepat berbuah.


Source Articles & Image : bijibersemi.com/

Seputar Agar Pohon Nangka Cepat Berbuah, Lakukan Cara Ini

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Agar Pohon Nangka Cepat Berbuah, Lakukan Cara Ini