Cara Menanam Padi Organik Secara Tradisional

- Maret 08, 2017

Cara Menanam Padi Organik Secara Tradisional

 

Cara Menanam Padi Yng Baik serta Benar - Padi adalah bahan dasar pembuat nasi yng adalah makanan pokok warga Indonesia. Ditengah maraknya isu beras plastik yng beredar era ini, bisa kita siasati yang dengannya menanam padi sendiri. Selain menghindarkan dari konsumsi beras yng tak sehat yang telah di sebutkan, sebenarnya kita mampu memperoleh beras yng kualitasnnya baik andai ditanam secara organik. Padi yng ditanam secara organik tak mempergunakan bahan kimia dalam proses budidayanya, menjadikan kebugaran atau kesehatan keluarga bisa terjaga.
cara menanam padi
Cara menanam padi secara organik bisa di lakukan yang dengannya beberapa langkah berikut, yakni:
Menyemai Bibit Padi
Langkah awal penyemaian bibit padi bisa di lakukan yang dengannya membuat lahan semaian mempergunakan cangkul, tanah sawah dihaluskan yang dengannya mempergunakan cangkul serta dibuat semisal tegalan serta lebih tinggi agar lahan semai tak terendam air. Sesudah itu, lahan semai yng sudah dibuat dibiarkan 1-2 hari. Taburkan bibit padi secara merata, taburkan bagian atas biji padi yang dengannya sekam padi yng sudah dibakar secara merata. Atur peredaran air yang dengannya membuat galengan (saluran air) agar tak menggenangi semaian padi. Padi hasil semaian akan siap dicabut serta ditanam sesudah berumur 3 minggu dari penaburan benih.
cara menanam padi
Semaian Bibit Padi

Menyiapkan Lahan Sawah
Lahan sawah Perlu diolah berlebi dahulu yang dengannya cara membajak mempergunakan traktor maupun mempergunakan kerbau. Tujuannya merupakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh tanah sawah yng lembut serta bersih dari sisa-sisa tanaman padi sebelumnya.
Sesudah itu pada bagian sisi kanan serta kiri dibuatlah galengan bagi atau bisa juga dikatakan untuk membendung air serta menjadikan batas yang dengannya sawah warga yng lain-lainnya. bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghasilkan tanah sawah yng subur, bisa ditaburi pupuk sangkar sembari meratakan hasil bajakan yang dengannya mempergunakan cangkul. biarkan sawah selama 3-5 hari sebelum ditanami agar kondisi tanahnya stabil serta pupuk sangkar yng ditaburkan bisa tercampur sempurna.
Menanam Padi
Era padi semaian telah berumur 3 minggu serta lahan sawah telah siap, maka bisa di lakukan penananam. Bibit padi dicabut serta dikumpulkan menjadi beberapa ikatan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperludah dalam pendistribusian bibit era disawah. Sesudah bibit selesai dicabut serta diikat, bibit bisa diletakkan di sawah yng akan ditanami, biarkan benih selama 1 hari berlebi dahulu jangan langsung ditanam. Hal ini bertujuan agar bibit bisa menyesuaikan diri yang dengannya kondisi sawah.
Penanaman padi bisa di lakukan yang dengannya cara mundur ataupun Suka disebut tandur (tanam mundur) oleh orang jawa, cara menanamnya yakni mempergunakan bambu yng sudah diberi acuan jarak tanam. Bambu ini diberi garis-garis ataupun tanda lain menjdai acuan menanam, umumnya jarak tanamnya merupakan 20cm. Bambu ini akan dipindahkan mengikuti arah penanaman (menanam mundur), hingga seluruh area sawah tertanami.
Menanam Padi yang dengannya cara Tanam Mundur (tandur); Sumber Foto: http://kesuburan-harta-benda.blogspot.com/2013/01/mengolah-sawah-secara-tradisional.html

Perawatan Tanaman Padi
Perawatan padi Perlu tetap di lakukan agar memperoleh padi oraganik yng subur serta berbuah tidak sedikit, penyiangan rumput-rumput yng tumbuh di sawah Perlu selalu di lakukan agar tak mengganggu pertumbuhan padi. Selanjutnya merupakan lakukan pemupukan, bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh padi organik tentunya tak mempergunakan pupuk kimia. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh padi yng subur bisa di lakukan penambahan pupuk organik, era ini telah tidak sedikit beredar di kios-kios pertanian pupuk organik yng sudah dikemas semisal pupuk kimia. Pupuklah tanaman padi sesuai dosis yeng tertera di kemasan pupuk.
Musuh utama padi merupakan wereng serta tikus, bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengurangi serangan tikus butuh disiasati yang dengannya cara tetap melindungi area sawah bersih dari rumput-rumput rimbun serta membasmi tikus-tikus yng bersarang di tegalan sawah.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk hama wereng serta hama lain-lainnya memanglah agak sulit andai tak di lakukan penyemprotan yang dengannya mempergunakan bahan kimia, akan tetapi era ini tidak sedikit pun dijual di kios-kios pertanian insektisida yng berbahan organik.
Panen Padi
Tanaman padi telah bisa dipanen sesudah berumur 4 bulan dari penanaman, ciri-ciri padi yng siap panen merupakan seluruh bulirnya telah terisi serta menguning, dan batang padinya (jerami) telah mulai mengering.

Bagi atau bisa juga dikatakan untuk pemanenan bisa di lakukan yang dengannya memotong batang padi yang dengannya mempergunakan sabit sekitar 20cm dari pangkal batang (jangan hingga di kenai buah padinya). Sesudah itu bagi atau bisa juga dikatakan untuk memisahkan bulir-bulir padi yang dengannya tangkainya bisa di lakukan yang dengannya beberapa cara diantaranya digebuk serta tleser (mempergunakan mesin).
Sesudah bulir padi dijauhkan dari jerami, sebelum digiling bagi atau bisa juga dikatakan untuk memisahkan beras serta sekamnya maka padi-padi yang telah di sebutkan Perlu dijemur berlebi dahulu hingga kering.
Itulah beberapa langkah cara budidaya padi secara organik, selain lebih gampang serta biayanya lebih murah tentunya akan menghasilkan padi yng baik bagi kebugaran atau kesehatan keluarga yng mengkonsumsi. Kualitas padi yng ditanam secara organik pun tak kalah yang dengannya padi yng ditanam mempergunakan pupuk kimia.

Source Articles & Image : bijibersemi.com/

Seputar Cara Menanam Padi Organik Secara Tradisional

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Menanam Padi Organik Secara Tradisional