Perhatikan Langkah Ini Sebelum Menanam Kubis (Kol)

- Januari 23, 2017

Perhatikan Langkah Ini Sebelum Menanam Kubis (Kol)

 

Cara Menanam Kubis Yng Baik serta Benar -Kubis ataupun Kol (Brassica oleracea L) adalah satu dari sekian banyaknya jenis tanaman sayuran yng mempunyai daun yng tersusun Amat rapat membentuk bulatan. Warna sayuran ini yng umum merupakan hijau Amat pucat menjadikan disebut forma alba ("putih"). Akan tetapi terdapat juga kubis yang dengannya warna hijau (forma viridis) serta ungu kemerahan (forma rubra). Dari bentuk kropnya dikenal ada dua jenis kubis: kol bulat serta kol gepeng (bulat agak pipih). (sumber:wikipedia).
kubis, kol, kobis, menanam kubis
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk membudidayakan kubis ataupun kol bisa di lakukan yang dengannya beberapa langkah berikut:
Menyiapkan Bibit Kubis
Sepertihalnya cara menanam tomat, Bibit kubis Perlu disemai berlebi dahulu sebelum ditanam di lahan tanam permanen, bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyemai biji kubis maka butuh disiapkan lahan semai yang dengannya cara mencangkul tanah serta menggemburkannya mempergunakan cangkul, campurkan pupuk sangkar sembari mengaduk-aduk tanah serta membentuk tegalan.
Biarkan media semai selama 3 hari sebelum biji kubis disemai. Sesudah lahan semai dibiarkan 3 hari, langkah selanjutnya merupakan menaburkan biji kubis ke media semai secara merada. Tutuplah biji kubis yang dengannya lapisan tipis tanah yng ditaburkan merata. Buatlah peneduh yang dengannya dedaunan yng dibuat semisal atap yang dengannya jarak sekitar 20cm dari permukaan semaian.
Lakukan penyiraman setiap pagi serta sore hari bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi lahan semaian tetap lembab, biarkan bibit semaian hingga berumur 3 minggu bagi atau bisa juga dikatakan untuk dipindahkan ke lahan tanam permanen.
Menyiapkan Lahan Tanam
Kubis ataupun Kobis Amat memerlukan lahan tanam yng gembur serta subur, oleh lantaran itu pengolahan lahan tanam kubis butuh di lakukan yang dengannya cara yng benar. Bajaklah kebun kamu bagi atau bisa juga dikatakan untuk menggemburkan lahan tanam serta memberikan suplai oksigen dalam tanah, sesudah itu gemburkanlah yang dengannya mempergunakan cangkul.
Era menggemburkan, lahan tanam Perlu dibentuk tegalan yang dengannya lebar 1 meter serta tebal sekitar 20cm-30cm. Sembari membentuk tegalan, campurkan pun pupuk sangkar ataupun pupuk kompos secara merata. Buatlah tegalan yang dengannya ukuran yng percis yang dengannya jarak 50cm dari tegalan yng pertama, bentuk tegalan yng ain hingga seluruh lahan diolah. Biarkan lahan tanam selama 1 minggu sebelum ditanami.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengurangi tumbuhnya rumput-rumput yng tak terkendali, gunakanlah pelastik mulsa semisal cara menanam cabai. Pengaturan drainase ataupun sirkulasi air pun menjadi hal penting yng Perlu diperhatikan, lantaran kubis tak menyukai lahan tanam yng tergenang air ataupun becek.
Menanam Bibit Kubis
Sesudah lahan tanam selesai dibentuk serta bibit kubis sudah mempunyai sekitar 4 helai daun serta siap bagi atau bisa juga dikatakan untuk ditanam, maka lakukan pemindahan bibit. Lakukan penyiraman berlebi dahulu sebelum bibit kubis dicabut.
Penanaman sebaiknya di lakukan pada pagi hari ataupun sore hari pada awal musim penghujan, bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanam buatlah lubang tanam yang dengannya mempergunakan tugal (tongkat kayu yng diruncingkan satu dari sekian banyaknya ujungnya). Jarak penanaman merupakan 50cm antar lubang.
Merawat Tanaman Sayuran Kubis
Perawatan yng butuh di lakukan merupakan melakukan pemupukan pada 30 ahri sesudah tanam, pemupukan bisa di lakukan yang dengannya kimia semisal KCL, TSP, serta Za yang dengannya dosis disesuaikan yang dengannya kebutuhan. Akan tetapi andai kamu menginginkan tanaman kubis organik, maka lakukan pemupukan ulang yang dengannya mempergunakan pupuk sangkar ataupun kompos.
Lakukan perempelan tunas-tunas agar pembentukan bunga akan lebih optimal. Andai ada serangan hama, lakukanlah penyemprotan yang dengannya bahan organik yng bisa diperoleh dari kios-kios pertanian.
Memanen Kubis
Masa panen kubis merupakan sekitar 80-100 hari dari penanaman, pemanenan di lakukan yang dengannya memotong mempergunakan pisau panen ataupun sabit. Usahakan mengikutkan 2 helai daun penutup kropnya.
Itulah beberapa langkah cara menanam kubis yng baik serta benar. Selain dibudidayakan di kebun, tanaman kubis pun mampu dibudidayakan di pot ataupun polybag. Cara yng di lakukan hampir percis, cuma saja media tanam yng disiapkan merupakan pot ataupun polybag yng diisi yang dengannya campuran tanah serta pupuk sangkar. Selain enak dijadikan bahan masakan, sebenarnya kubis mempunyai tidak sedikit manfaat bagi kebugaran atau kesehatan, diantaranya : Menyehatkan system pencernaan, melindungi system imun tubuh, penangkal sel kanker, serta nutrisi bagi mata.

Source Articles & Image : bijibersemi.com/

Seputar Perhatikan Langkah Ini Sebelum Menanam Kubis (Kol)

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Perhatikan Langkah Ini Sebelum Menanam Kubis (Kol)